Latest News
26 November 2016

Subhanallah! Meski Didzolimi, Palestine Tetap Bantu Kebakaran di Israel


SatuPos.Com | Kota terbesar ketiga di Israel, Haifa, dilanda musibah kebakaran hutan. Api dengan cepat menyambar ke rumah-rumah penduduk di dekat Yerusalem dan Tepi Barat akibat tiupan angin kering. Sedikitnya 60 ribu warga harus diungsikan keluar kota.

Sejumlah negara siap membantu Israel mengatasi musibah kebakaran hutan tersebut. Rusia, Turki, Yunani, Italia, Kroasia, dan Siprus menurunkan armadanya masing-masing untuk memadamkan api. Sekutu Israel, Amerika Serikat (AS) siap menurunkan pesawat pemadam kebakaran Boeing 747 Supertanker.

Satu lagi negara menyatakan kesiapan mereka membantu Israel. Seperti dimuat Belfast Telegraph, Jumat (25/11/2016), empat tim pemadam kebakaran Palestina akan bergabung dengan tim gabungan dari berbagai negara untuk menjinakkan api.

Koordinator Aktivitas Pemerintah di Haifa menyatakan akan mengatur kerjasama antara pemadam kebakaran Palestina dengan Israel.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Israel, Gilard Erdan, menduga ada pihak-pihak yang sengaja memicu kebakaran. Hampir 50 persen api disebabkan oleh pemicu tersebut, sementara sisanya dipicu oleh kondisi alam Israel yang tengah memasuki musim kemarau.

Juru bicara Kepolisian Israel Micky Rosenfeld menuturkan pihaknya sudah menahan belasan orang terkait insiden tersebut. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan para pelaku akan dianggap melakukan tindakan terorisme.

Sedikitnya 130 orang dirawat setelah api menyebar dengan begitu cepat. Sebagian besar dari korban menderita gangguan pernapasan akibat menghirup asap. Kebakaran hutan yang melanda Haifa kali ini mengingatkan kembali kepada insiden serupa yang terjadi pada 2010.

Saat itu, api membakar hidup-hidup 60 sipir penjara di dalam sebuah bus yang sedang menuju rumah tahanan guna mengevakuasi para narapidana.

(Sil/Belfast Telegraph)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Subhanallah! Meski Didzolimi, Palestine Tetap Bantu Kebakaran di Israel Rating: 5 Reviewed By: satupos news