Latest News
15 November 2016

Ulama Mesir Mendadak Tinggalkan Indonesia, Dubes Mesir: Tak Ada Faedahnya Bela Ahok

SatuPos.Com | Ulama Mesir Syeikh Amru Wardani sedianya menjadi saksi ahli dalam kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, pada Selasa (15/11/2016).

Namun sesaat yang lalu dikabarkan mendadak meninggalkan Indonesia pada Senin (14/11) petang. Petinggi Lembaga Fatwa Darul Ifta Mesir itu diduga pulang lantaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) melayangkan protes kepada Dubes Mesir untuk Indonesia dan Syeikh Al Azhar terkait rencana Syeikh Mushthofa menjadi saksi meringankan Ahok.

“Dubes Mesir untuk Indonesia Ahmad Amr Muawab, menelpon saya pukul 19.06 WIB. Beliau menyampaikan berita penting. Sehubungan dengan hiruk-pikuknya di media online dan medsos tentang Syeikh Mustofa, Beliau mengatakan bahwa yang bersangkutan telah meninggalkan Indonesia dan pulang ke negaranya tadi sore,” kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, KH Muhyiddin Junaidi, Senin (14/11/2016).

Sementara Dubes Mesir untuk Indonesia Ahmad Amr Muawab mengatakan langkah "pemulangan" Syeikh Amru Wardani dianggap paling tepat guna menjaga hubungan yang baik antara Mesir dan Indonesia.

"Biarkan masalah Tuan Gubernur diselesaikan disini (Indonesia,red). Bagi kami, tak ada faedahnya membela Gubernur (Ahok). Kita ingin damai saja," katanya.

Sebelumnya, diberitakan Syeikh Mushthofa Amru Wardani sengaja didatangkan ke Indonesia untuk menjadi saksi ahli kasus Ahok. Dia didatangkan untuk menjadi saksi meringankan Gubernur DKI Jakarta nonaktif itu.

Namun, kedatangan petinggi lembaga Fatwa Darul Ifta Mesir tersebut ditentang dan dipertanyakan banyak pihak, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sebab, pandangan Syeikh Mushthofa Amru dalam kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok dianggap bakal menimbulkan kegelisahan kaum muslimin yang bisa berujung pada bentrok sesama ormas di Indonesia.

Selain itu, kedatangan Syeikh Amru Wardani juga dianggap bagian dari intervensi terhadap urusan agama di Indonesia. Kedatangannya sama dengan tidak mengakui keahlian dan kelayakan MUI dan ulama Indonesia dalam memutuskan masalah agama.

Tak hanya itu, kedatangan Syeikh Mushthofa Amru juga dianggap janggal. Pasalnya, Syeikh Mushthofa Amru diterima di Istana Negara oleh Presiden Jokowi. Padahal, Jokowi sudah berulang kali menegaskan bahwa dia tidak akan intervensi dan melindungi Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama. (JP/Riadi)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Ulama Mesir Mendadak Tinggalkan Indonesia, Dubes Mesir: Tak Ada Faedahnya Bela Ahok Rating: 5 Reviewed By: satupos news