Latest News
17 December 2016

Klarifikasi PN Jakut: Lokasi Sidang Kedua Ahok Tidak Jadi di Pindah

SatuPos.Com |  Sidang kedua atas terdakwa dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), tetap akan digelar di kantor sementara Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut), yang beralamat di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

"Usai sidang kemarin (13 Desember), majelis (hakim) tidak menyatakan tentang pemindahan (lokasi) sidang," ujar Kepala Humas PN Jakut, Hasoloan Sianturi, melalui pesan singkat elektronik, Sabtu (17/12).

Pada Selasa (13/12), sidang perdana yang mendudukkan Ahok di kursi terdakwa menyebabkan kemacetan di depan kantor sementara PN Jakut. Dari lima lajur jalan di depan gedung pengadilan, hanya satu lajur yang bisa dilewati kendaraan. Warga yang bisa melihat langsung peradilan di dalam ruang sidang sangat terbatas, sementara ratusan orang lain hanya bisa tertahan di depan gedung pengadilan.

"Ruang sidang kita terbatas. Hanya cukup menampung 80-100 orang saja," tutur Hasoloan.

Rencananya, Ahok kembali disidangkan pada Selasa mendatang (20/12) dengan agenda mendengarkan tanggapan jaksa atas nota keberatan yang telah dibacakan pihak terdakwa pada sidang perdana.

Baca Juga: Polisi: Lokasi Sidang Kedua Ahok akan Dipindah

Sebelumnya, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana menjelaskan bahwa lokasi sidang lanjutan kasus penistaan agama dengan terdakwa gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok rencananya akan dipindah.

Terkait rencana tersebut,  pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

“Hasil kordinasi dan pertemuan terkait hal ini, memang hasilnya lokasi sidang pertama kemarin kurang layak,” katanya kepada wartawan, Jumat (16/12).

Alasannya, imbuh Suntana, ruang sidang yang menggunakan gedung bekas PN Jakarta Pusat di Jalan Gajah Mada dianggap kurang layak karena terlalu sempit.


Editor : Umi Khalsum
Sumber : RMOL

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Klarifikasi PN Jakut: Lokasi Sidang Kedua Ahok Tidak Jadi di Pindah Rating: 5 Reviewed By: satupos news