Latest News
01 January 2017

Kiai Taufik Bantah Anggapan PBNU Selalu Membela Ahok


SatuPos.Com | Salah besar ketika Nahdlatul Ulama (NU) dinilai berdiam diri dalam menyikapi masalah bangsa dan negara belakangan ini. Salah satunya dalam kasus Ahok yang melahirkan gelombang aksi umat Islam dari berbagai penjuru.

"Hanya saja, NU tetap mengedepankan nilai kemoderatan (tawasuth) dengan mendorong petinggi negeri ini berlaku adil dalam hukum. Bahkan, saksi ahli dari PBNU juga memberatkan kasus Ahok yaitu KH Miftahul Akhyar yang juga Wakil Rais 'Aam PBNU. Salah ketika PBNU dipandang membela Ahok," ujar Ketua PCNU Kabupaten Pamekasan RKH Taufik Hasyim pada pembukaan Konferensi MWCNU Kadur Pamekasan di Pesantren Miftahul Anwar, Pamoroh, Kadur, Pamekasan, Sabtu (31/12).

Informasi ini didapatkan Kiai Taufik saat silaturahmi dengan Rais 'Aam PBNU KH Ma'ruf Amin belum lama ini. Diterangkan oleh Kiai Ma'ruf, menjelang aksi 212 lalu, terdapat laporan intelejen adanya upaya menggulingkan pemerintahan yang sah dan menggantinya dengan ideologi lain melalui pengerahan massa untuk menguasai gedung istana dan DPR.

"Kiai Ma'ruf pun berusaha menjadi mediator antara pihak pengunjuk rasa,  TNI, Polri, dan pemerintah. Maka atas mediasi KH Ma’ruf Amin itulah, unjuk rasa berhasil dialihkan ke Monas. Alhamdulillah, berjalan dengan lancar, aman, damai, dan dihadiri oleh semua elemen masyarakat," ujar Kiai Taufik.

Masih menurut KH Makruf Amin, tambahnya, sebenarnya unjuk rasa 212 itu sudah direncanakan beberapa tahun lalu oleh pihak-pihak yang ingin mengubah dasar negara Pancasila dan pihak yang tidak ingin Indonesia aman. Namun, mereka tidak menemukan kesempatan.

"Melalui kasus Ahok inilah mereka punya kesempatan. Tapi alhamdulillah berkat kerja sama Polri, TNI, dan NU tentunya mereka berhasil digagalkan," paparnya.

"Inilah NU. Dari dulu memang tidak gegabah dalam menyikapi gejolak bangsa. Semuanya disikapi dengan kepala dingin, tanpa harus terperangkap pada ujaran kebencian yang jelas-jelas bukan perilaku nabi kita," terangnya.

Konferensi MWCNU Kadur berlangsung hingga Ahad (1/1) sore. Kegiatan ini melibatkan pengurus MWCNU Kadur, perwakilan pengurus ranting NU dari sepuluh desa, lembaga, tokoh NU, dan banom NU Kadur. Usai pembukaan, malam harinya terdapat pembekalan dari sesepuh NU KH A Hamid Mannan Munif dan KH Fadli Ghazali.

Berdasarkan jadwal acara, Ahadnya diisi dengan pengesahan tatatertib, laporan pengurus MWCNU Kadur, pemandangan umum dan jawaban, sidang komisi, dan pengesahan hasil sidang komisi.

Pemilihan pengurus MWCNU Kadur masa khidmah 2016-2021 menjadi puncak dari konferensi. Pemilihan ini dipandu langsung oleh pengurus harian PCNU Kabupaten Pamekasan.

Source: NU Online

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Kiai Taufik Bantah Anggapan PBNU Selalu Membela Ahok Rating: 5 Reviewed By: satupos news