Latest News
19 January 2017

Klarifikasi Kapolri: Fatwa MUI Harus Dihormati


SatuPos.Com | Kapolri Tito Karnavian memberikan klarifikasi soal pernyataannya terkait fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menurutnya, ada sejumlah pihak yang ingin membenturkan dirinya dengan fatwa MUI. Justru, kata dia, dirinya menghormati lembaga keagamaan tersebut.

Demikian hal tersebut disampaikan Tito terkait pemaparannya saat menjadi keynote speaker dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk 'Fatwa MUI dan Hukum Positif' di PTIK, Jakarta Selatan, Selasa lalu.

"Tolong dicatat, karena saya lihat ada beberapa yang memberikan komentar bahkan seolah-olah saya tidak sependapat, membenturkan seolah-olah saya tidak sejalan dengan fatwa MUI, tidak mungkin," kata Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2017).

Tito mengatakan MUI merupakan lembaga terhormat dan fatwa MUI adalah fatwa yang dihormati.

"Apalagi saya sendiri sebagai umat Islam. Ada fatwa MUI nggak ngerokok ya saya upayakan nggak ngerokok juga," ujarnya.

MUI dikatakan Tito adalah lembaga yang sangat penting dan harus dihormati serta memiliki perananan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Banyak fatwa-fatwa yang dikeluarkan MUI yang menjadi tuntunan bagi umat Islam.

"Cuma memang ada beberapa fatwa yang terakhir, dari sudut pandang kepolisian itu membawa dampak sosial dan dampak hukum," katanya.

Bagi Polri hal ini merupakan suatu persoalan yang perlu dipecahkan. Oleh karena itu, salah satu upaya memecahkan persoalan itu adalah meminta masukan.

"Yang ingin saya klarifikasi di sini, tolong dicatat bahwa FGD itu adalah ajang diskusi ilmiah. Saya meminta kepada Gubernur PTIK Irjen Sigit, ini ada persoalan dari sudut pandang keamanan, yang berkaitan dengan fatwa MUI dan hukum positif yang sudah jadi polemik selama ini. Alangkah baiknya kita dengarkan pendapat para ahli-ahli melalui diskusi yang hanya fokus. Bukan diskusi besar," imbuhnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Klarifikasi Kapolri: Fatwa MUI Harus Dihormati Rating: 5 Reviewed By: satupos news