Latest News
03 January 2017

LazisMU Dampingi 1097 Warga Terdampak Banjir Bima


SatuPos.Com | Banjir bandang yang melanda Kota Bima 21 dan 23 Desember lalu telah merendam 5 kecamatan - 33 kelurahan dan merusak sedikitnya 331 bangunan yang teridiri dari rumah, masjid, mushola dan tempat usaha. 63 fasilitas kesehatan, 18 perkantoran dan 27 fasilitas pendidikan serta 2 jembatan ikut terdampak banjir yang juga menyebabkan 33 orang luka berat dan 4.579 orang luka ringan.

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMU) kota Bima, Dompu, Sumbawa dan NTB dibantu tim asistensi LPB PP Muhammadiyah serta relawan dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta telah melakukan beberapa kegiatan dalam membantu menangani korban banjir.

Dalam keterangan informasi yang disampaikan oleh Indrayanto, ketua Divisi Tanggap Darurat MDMC PP Muhamamdiyah, MDMC dan LazisMU telah membuka dapur umum sejak hari pertama banjir, yang berlokasi di RS PKU Muhammadiyah Bima dan menyediakan 1200 nasi bungkus yang disebar di beberapa titik diantaranya pondok pesantren, kelurahan dara, kelurahan mangganae pasien RS PKU dan juga relawan. Distribusi sembako kepada PCM setempat.

“Sementara itu MDMC dan LazisMU juga melakukan pendampingan psikososial terhadap 1097 warga terdampak yang tinggal sementara di pengungsian yang terdoiri dari posko SD IT Insan Kamil, posko Baitul Hamid, pokso masjid An-Nur, pokso masjid Muhajirin Tolobali dan Posko Kampung Ranggo Kampung Rae,” jelas Indrayanto.

MDMC dan LazisMU juga masih memberikan layanan kesehatan kepada warga yang mengalami beberapa penyakit akibat banjir seperti diare dan luka vulnus serta furbis. Hingga 1 Januari 2017, tercatat sanyak 99 pasien telah ditangani, 15 diantaranya pasien rawat inap.

Untuk menjangkau pasien yang jauh dari posko RS PKU Bima, MDMC dan LazisMU juga menyediakan mobile klinik yang telah berjalan dan melayani sebanyak 53 orang di kampung melayu dan kampong lewarito.

“Hingga saat ini MDMC dan LazisMu masih terus membersihkan sarana dan prasarana RS PKU Muhammadiyh Bima dan sekitarnya serta melakukan assesment untuk memastikan kondisi dan kebutuhan terkini warga,” tutur Indrayanto. (mona)





  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: LazisMU Dampingi 1097 Warga Terdampak Banjir Bima Rating: 5 Reviewed By: satupos news