Latest News
06 February 2017

Fenomena Baru ! Jumlah Pengajuan Izin Berpoligami Meningkat

SatuPos.Com | Seiring dengan meningkatnya angka perceraian di Pontianak, maka pengajuan izin untuk berpoligami juga mengalami peningkatan. Fenomena ini terbilang baru di Pontianak, namun fakta mengatakan adanya peningkatan.

Demikian hal tersebut disampaikan Humas Pengadilan Agama Kelas IA Pontianak Rustam A. Kadri, hari ini.

Dia mengatakan mengatakan, selain kecenderungan poligami, kasus perceraian masih menjadi perkara dominan yang ditangani pihaknya.

“Tahun lalu ada 1.599 perkara yang masuk, dan sebanyak 1.239 perkaranya adalah kasus perceraian baik itu cerai talak ataupun cerai gugat,” terangnya.

Pengadilan Agama saat ini, imbuh Kadri, selalu disibukkan oleh urusan pembagian warisan, isbat nikah, izin anak di bawah umur untuk menikah hingga pengajuan izin berpoligami.

Fenomerna lain yang membuat Rustam prihatin yakni angka perceraian di kota Pontianak cenderung meningkat meski pada 2016 menurun dari tahun sebelumnya.

“Seperti diamantkan dalam UU No. 3 tahun 2006, bahkan peradilan agama juga memiliki kewenangan untuk memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara terkait ekonomi syariah juga, termasuk masalah poligami itu” katanya.

Poligami adalah sistem perkawinan yang salah satu pihak memiliki atau mengawini beberapa lawan jenisnya dalam waktu yg bersamaan.

Dalam antropologi sosial, poligami merupakan praktik pernikahan kepada lebih dari satu suami atau istri (sesuai dengan jenis kelamin orang bersangkutan).(R)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Fenomena Baru ! Jumlah Pengajuan Izin Berpoligami Meningkat Rating: 5 Reviewed By: satupos news