Latest News
09 February 2017

KH Ma’ruf Amin: Ulama Jangan Hanya Diam di Pesantren


SatuPos.Com | Tokoh Sesepuh NU KH Ma’ruf Amin meminta ulama jangan hanya diam di pesantren, tetapi harus bergerak keluar untuk lebih mengabdikan dirinya kepada masyarakat.

Demikian pendapat itu disampaikan Ma'ruf saat menjadi pembicara kunci dalam “Silaturahim dan Dialog Kebangsaan Ulama, Pengasuh Pondok Pesantren dan Syuriah PCNU se-Banten” di Pesantren An-Nawawi, Tanara, Serang, Rabu (8/2).

Untuk menjaga negara, kata Ma'ruf, para ulama harus aktif dan perlu ada kerja sama yang baik antara ulama dan umara.

“Agak sulit rasanya menjaga Negara tanpa adanya kesatuan kekuatan antara ulama dan umara tadi,” katanya.

Sebagai Rais Aam PBNU, Ma’ruf berpesan kepada para ulama, khususnya yang ada di Banten agar menjaga umat dari ajaran atau akidah-akidah yang menyimpang.

Ajaran atau kaidah-kaidah yang menyimpang, akan mengubah arus cara berpikir dan gerakan yang mengarah ke ekstrem radikal.

“Baik itu radikal agama maupun radikal sekuler,” katanya.

Lebih lanjut Ma’ruf meminta para ulama NU memperkuat silaturahim dan mengonsolidasikan gerakan. NU itu harus saling mencintai, mengasihi, dan menyayangi.

Selain ukhuwah Islamiyah (sesama Islam), wathaniyah (kebangsaaan), insaniyah (kemanusiaan), perlu lagi ditambah ukhuwah Nahdliyah (sesama Nahdliyin). (R)
 









  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: KH Ma’ruf Amin: Ulama Jangan Hanya Diam di Pesantren Rating: 5 Reviewed By: satupos news