Latest News
13 February 2017

Sambut Pilkada Serentak 2017, MUI Himbau Umat Islam Gunakan Hak Pilih


SatuPos.Com | Pada 15 Februari 2017 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Pilkada serentak yang  diikuti 101 daerah dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Terkait hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan seruan kepada seluruh umat Islam.

Bunyi seruan itu adalah mengimbau umat Islam yang sedang belajar di pesantren/perguruan tinggi atau bekerja di luar tempat asalnya untuk dapat meminta izin pulang ke daerah asal, guna menunaikan hak pilihnya sebagai wujud tanggung jawab berbangsa dan bernegara.

MUI juga menghimbau kepada pimpinan lembaga atau tempat bekerja agar mengizinkan murid atau pekerjanya kembali ke daerah asal untuk mengikuti pemilukada tersebut.

“Kami meminta segenap pimpinan pesantren atau lembaga pendidikan dan tempat bekerja untuk dapat mengizinkan santri/murid atau pekerja yang memiliki hak pilih agar dapat menunaikan haknya di daerah masing-masing sebagai wujud partisipasi dalam kehidupan politik,” kata Wakil Ketua Umum MUI pusat, Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc, MA dalam rilis yang diterima redaksi hari ini.

MUI juga mengajak segenap Umat Islam untuk bermunajat, memohon kepada Allah SWT.

“Umat Islam juga jangan lupa memohon kepada Allah, agar semua proses pemilukada serentak bisa terlaksana secara jujur, adil, aman dan damai serta menghasilkan pemimpin-pemimpin yang takut hanya kepada Allah dan berjuang sepenuh tenaga mewujudkan bangsa dan negara yang adil dan makmur dalam lindungan Allah SWT (baldatun thayyibatun warabbun ghafur),” katanya.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak gelombang kedua pada 15 Februari 2017. Pilkada diikuti 101 daerah dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Daerah yang akan menyelenggarakan pilkada tersebut terdiri atas 7 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota. Ketujuh provinsi tersebut yaitu Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Provinsi Aceh merupakan daerah yang akan paling banyak menggelar pilkada pada 2017, yakni satu pemilihan gubernur dan 20 pemilihan bupati dan wali kota. (rilis)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Sambut Pilkada Serentak 2017, MUI Himbau Umat Islam Gunakan Hak Pilih Rating: 5 Reviewed By: satupos news