Latest News
09 February 2017

Soal Aksi 112, Kapolda: Terima Kasih FPI Tidak Turun ke Jalan

SatuPos.Com | Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan merasa bersyukur bisa dicapai kesepakatan antara kepolisian dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq terkait aksi 112.

Bunyi kesepakatan itu adalah FPI mengurungkan aksi 112 dengan cara melakukan longmarch dari Masjid Istiqlal, Monas dan ke Bundaran HI pada Sabtu (11/2) mendatang.

Secara khusus Kapolda menyampaikan terima kasih kepada FPI untuk tidak melakukan longmarch dalam aksi bertajuk 'Jalan Pagi Sehat Al Maidah 51' tersebut.

"Terimakasih FPI tidak turun ke jalan. Kita akan atur jangan berkelompok," katanya kepada wartawan, hari ini.

Namun demikian Kapolda masih mengkhawatirkan adanya beberapa Ormas Islam yang belum sepakat.

"Ada beberapa ormas yang sudah sepakat dengan kami untuk tidak turun ke Istiqlal di antaranya FPI, tapi ada beberapa kelompok yang belum. Rizieq sudah sepakat untuk mengubah longmarch jadi keagamaan," ujar Iriawan.

Terkait hal ini, Pihak Kepolisian tetap akan menurunkan ribuan petugas untuk mengawal dan mengamankan.

TIDAK BATAL

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad al-Khaththath menegaskan, rencana aksi 11 Februari 2017 atau 112 tidak akan dibatalkan. Pasalnya, menurut dia, tidak ada satu pun undang-undang (UU) yang dilanggar.

“FUI sudah menyampaikan pemberitahuan sesuai UU. Oleh karena itu, kepada seluruh umat Islam, wabil khusus alumni 212, diminta tidak ragu atau khawatir untuk datang ke lokasi aksi 112 di Jakarta,” demikian dalam pernyataan persnya.

Al-Khaththath juga mengimbau, kepada massa aksi yang akan turun dalam aksi 112 untuk menjaga keselamatan dari berbagai provokasi yang dapat menimbulkan chaos. Sebab, pada hari itu, dua pasangan calon akan mengadakan kampanye terakhir dengan jumlah massa yang besar.

Untuk itu, FUI memutuskan, memodifikasi aksi 112 dengan zikir dan tausiyah nasional untuk penerapan surah al-Maidah 51 yaitu wajib pilih pemimpin Muslim dan haram pilih pemimpin kafir. Selain itu, FUI juga menggeser aksi dari Monas-HI ke Masjid Istiqlal.

“Hal ini merupakan inisiatif dan kearifan para ulama dan habaib serta pimpinan ormas Islam yang tergabung di dalam FUI untuk menjaga kemurnian dan keselamatan perjuangan umat Islam,” kata al-Khaththath.

Al-Khaththath menjelaskan, terdapat lima tujuan aksi 112 nanti antara lain menolak penodaan Alquran, kriminalisasi ulama, dan penghinaan terhadap ulama. Selain itu, aksi tersebut juga untuk menjaga pilkada yang jujur dan adil termasuk mewajibkan memilih gubernur Muslim.

Al-Khaththath juga menyerukan kepada peserta aksi untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta kebersihan di Masjid Istiqlal selaku lokasi aksi. Demikian rilis FUI yang diterima redaksi.**





  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Soal Aksi 112, Kapolda: Terima Kasih FPI Tidak Turun ke Jalan Rating: 5 Reviewed By: satupos news