Latest News
25 February 2017

Soal Buku Anak Isi Cabul, Penerbit Tiga Serangkai Minta Maaf

SatuPos.Com | Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto mengatakan penerbit Tiga Serangkai Group meminta maaf terkait penerbitan buku berjudul "Aku Belajar Mengendalikan Diri" yang dinilai memiliki isi cabul.
"Penerbit dan penulis meminta maaf dan meminta saran dari KPAI untuk perbaikan mutu penerbitan buku ke depan," kata Susanto di Jakarta seperti dirilis Antara, Jumat (24/2/2017).
Pada Jumat, kata dia, Tiga Serangkai mendatangi KPAI membahas soal buku bermateri pendidikan seksual itu. Mereka terdiri dari penulis buku, editor, dan distributor buku.

Santo mengatakan kendati memiliki tujuan yang baik tetapi buku tersebut kontroversial di sejumlah kalangan masyarakat sebagaimana diakui penerbit memiliki sejumlah kekurangan.

"KPAI mengingatkan sebelum buku terbit perlu benar-benar dikaji atas kelayakan produk baik dilihat dari aspek konten, ketepatan pilihan kalimat, ilustrasi yang sesuai fase perkembangan sasaran buku termasuk memperhatikan prinsip-prinsip kepentingan terbaik bagi anak," kata dia.

Terlebih, kata Susanto, pembangunan karakter generasi merupakan hajat besar bangsa Indonesia.

Selain itu, buku bukan sekedar berisi informasi dan ilmu tapi juga media pembentuk kepribadian generasi.

Sehingga, lanjut dia, peneritan buku perlu dilihat dari multidisiplin, baik psikologi, nilai keagamaan, kekhasan budaya bangsa Indonesia serta sisi edukasi.

Namun demikian KPAI tetap mendukung agar penulis dan penerbit tetap berkarya dengan tetap mempertimbangkan prinsip-prinsip perlindungan anak.

"Ke depan perlu perbaikan sistem perbukuan nasional agar memproduksi buku yang bermutu menjadi budaya penulis dan penerbit, bukan semata mengejar pasar," kata dia.

(Endan S)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Soal Buku Anak Isi Cabul, Penerbit Tiga Serangkai Minta Maaf Rating: 5 Reviewed By: satupos news