Latest News
24 March 2017

Demo Tolak Pembangunan Santa Clara di Bekasi Berujung Ricuh

SatuPos.Com | Hari ini  massa umat Islam se-Bekasi Raya yang tergabung dalam Majelis Silaturahim Umat Islam Bekasi (MSUMB) kembali melakukan aksi damai menolak berdirinya gereja Santa Clara, di Jalan Kaliabang Raya, Harapan Baru, Bekasi Utara yang diduga akan menjadi gereja terbesar di Asia Tenggara.

Namun demontrasi penolakan pembangunan gereja Santa Clara ini berujung ricuh, pada Jumat (24/3/2017) pukul 14.15 WIB. Aparat kepolisian yang melakukan pengamanan membubarkan paksa para pengunjuk rasa.

Akibatnya, terjadi aksi lemparan batu dan botol kaca. Hal ini membuat petugas kepolisian menembakkan gas air mata beberapa kali ke arah pengunjuk rasa.

Kepala Majlis Ta'lim At-Taqwa, Wiwit mengatakan, aksi menjadi tidak kondusif karena petugas yang melemparkan gas air mata.

"Awalnya tertib, lalu Brimop mengeluarkan petasan dan gas air mata. Banyak yang kesakitan dan perih karena terkena gas air mata," ujarnya di TKP, Jumat (24/3).

Petugas kepolisian dari Kepolisian Resor Bekasi dan Kepolisian Sektor Bekasi Utara terpaksa menembakkan gas air mata, karena pengunjuk rasa terus berusaha merangsek ke area pembangunan gereja. Massa dari Majelis Silaturahmi Umat Islam Bekasi yang membentuk pagar betis polisi terlibat saling dorong.

Seperti yang dilansir tempo.com, perwakilan dari demonstran, Imran Nasution, mengatakan aksi demonstrasi dilakukan karena pembangunan Gereja Santa Clara tidak beres perihal proses perizinannya.

“Seperti pemalsuan tanda tangan persetujuan dari warga,” kata Imran.

Namun yang disesalkan Sekretaris Lembaga Dakwah Asy-Syam, meskipun dalam proses perizinan ditemukan kejangalan, pemerintah tetap saja mengeluarkan izin pembangunan gerja tersebut.

“Pemerintah tetap menolak mencabut izin pembangunan gereja,” ujar Imran.

Pada Agustus 2015, demo serupa juga pernbah digelar di depan kantor WaliKota Bekasi di Jalan Ahmad Yani. Bahkan, massa sempat memblokir jalan raya tersebut. Walhasil, terjadi kemacetan panjang di jalur tersebut. Hari ini, aksi demonstrasi kembali digelar dan berujung ricuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Demo Tolak Pembangunan Santa Clara di Bekasi Berujung Ricuh Rating: 5 Reviewed By: satupos news