Latest News
29 March 2017

Jelang Ramadhan, Pengrajin Bedug Kaligrafi Demak Banjir Order dari Malaysia

SatuPos.Com | Sejumlah pengrajin bedug kaligrafi di kota Demak, Jawa Tengah saat ini tengah banjir order dari negeri jiran Malaysia. Meski bulan ramadhan masih 2 bulan lagi, namun jumlah permintaan cukup banyak.

"Biasa jelang ramadhan permintaan memang selalu bertambah, hanya saja untuk kali ini meningkat 20 persen dibanding pada tahun lalu," jelas Tukidjo, pemilik Bedugh Art Gallery ini, Rabu (29/3).

Dia menambahkan untuk jenis bedug ukiran berbahan baku kayu trembesi paling banyak diminati oleh rekanan di johor Bahru, Malaysia. Tukidjo mengakui tak begitu mengerti mengapa jenis ini sangat diminati oleh pembeli.

Setidaknya, bulan ini saja ia menerima orderan sebanyak 14 jenis bedug dengan ukuran yang berbeda-beda. Untuk Bedug yang telah jadi Tukidjo mematok harga lebih mahal, apalagi kalau di kirim ke luar negeri seperti ke Malaysia, Brunai dan  Korea Selatan. Kisaran harganya antara Rp 13 juta/set hingga Rp 120 juta/set, dan semua itu  tergantung pada jenis kayu dan ukuran.

Pangsa pasar ekspor bedug, kata Tukidjo, selalu naik grafiknya, dan tak terpengaruh oleh kurs rupiah maupun ringgit. Beberapa bedug aneka ukuran yang sudah jadi maupun belum jadi juga banyak diminati, utamanya yang ada kaitannya dengan alat - alat musik.

"Bedug, rebana, ketipung, Setiap hari saya bikin. Kalau bedug itu kayu trembesi, kalau rebana kayu nangka. Tapi, terkadang ada pelanggan yang memesan dengan permintaan yang beda kayu, biasanya mereka sudah menyediakan stok bahannya," jelasnya.

Kayu yang digunakan untuk bedug seringkali hanya trembesi. Sedangkan untuk rebana lebih bervariasi, seperti kayu nangka serta kayu sawo. Kulit yang digunakan adalah kulit kerbau untuk bedug dan kambing untuk rebana.

Dia mengatakan, biasanya proses pembuatan bedug menghabiskan waktu sekitar 1 minggu. (R-005)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Jelang Ramadhan, Pengrajin Bedug Kaligrafi Demak Banjir Order dari Malaysia Rating: 5 Reviewed By: satupos news