Latest News
01 April 2017

Tuntut TERDAKWA Penista Agama Disebut Makar, MPR: Ahok Seolah-olah Diposisikan Sebagai Kepala Negara

SatuPos.Com | Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) berpendapat, tudingan makar terhadap Aksi Bela Islam 313 membuat Ahok seolah kepala negara.

 "Jadi jika tuntutan untuk menegakkan hukum kepada kepala daerah yang berstatus terdakwa, kemudian dihukumi dengan makar, Ahok seolah-olah diposisikan sebagai kepala negara yang kemudian tuntutan tersebut disebut makar," katanya, hari ini.

HNW menjelaskan, yang dituntut oleh peserta aksi 313 adalah sebuah penegakan undang-undang. Undang-undang pemerintahan daerah, khususnya penegakan hukum terhadap kepala daerah yang berstatus sebagai terdakwa dalam sebuah tindak pidana.

"Itu adalah sebuah teks hukum yang jelas. Tuntutan untuk hal ini adalah hak warga," jelasnya.

Akan ada kejanggalan, kata dia, jika tuntutan tersebut diartikan sebagai makar. Menurut HNW, tudingan makar tersebut merupakan sebuah interpretasi yang dipaksakan. Ia menilainya sebagai pamer kekuasaan dari pihak kepolisian.

"Jika begini cara memahami undang-undang, kelak ada orang yang bersuara menuntut pemerintah misalnya, bisa saja orang langsung dikenakan pasal makar," katanya.

HNW sangat menyesalkan pemberlakuan undang-undang tentang kepala daerah dan dibawa-bawa ke pasal makar. Ia menilai polisi digunakan sebagai alat kekuasaan dan tidak digunakan untuk instrumen penegakan hukum.

Menurut HNW, publik melihat Ahok dilindungi oleh aparat penegak hukum. "Semestinya polisi berlaku netral," kata dia.

Al Khaththath Dalam Keadaan Sehat

Sementara itu, Ketua Umum Parmusi, Usamah Hisyam, Sabtu (1/4) mendatangi Markas Komando (Mako) Brimob, Kelapa Dua, Depok. Usamah menjelaskan kedatangannya ke Mako Brimob adalah untuk menjemput Sekjend Forum Umat Islam (FUI), Al Khaththath yang dikabarkan akan dibebaskan hari ini.

“Kami baru saja datang ke sini, dengar-dengar hari ini Al Khaththath akan dibebaskan,” ujar Usamah seperti dikutip dari  Republika.co.id.

Usamah juga menjelaskan kondisi terbaru Al-Khaththath yang saat ini masih ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

“Al Khaththath dalam keadaan sehat, hanya saja sedikit kelelahan,” kata Ketua Umum Parmusi tersebut.

Usamah Hisyam tampak hadir bersama empat orang utusan dari FUI dan Parmusi. Selain itu tampak juga perwakilan dari Advokasi Cinta Tanah Air (ACTA), Habib Novel Bamukmin juga ikut datang ke Mako Brimob.

Sumber: ROL
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Tuntut TERDAKWA Penista Agama Disebut Makar, MPR: Ahok Seolah-olah Diposisikan Sebagai Kepala Negara Rating: 5 Reviewed By: satupos news