Latest News
24 May 2017

Dana Tipu-tipu KSP Pandawa Group Capai Rp 1,9 Triliun


SatuPos.Com | Ratusan korban penipuan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa Group berkerumun di lingkungan gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Rabu (24/5).

Mereka datang untuk memverifikasi data personal dan jumlah kerugian yang dialaminya. Korban penipuan investasi tersebut diperkirakan mencapai 20 ribu orang.

"Jadi hari ini dilakukan pencocokan piutang dari waktu pra-verifikasi sebelumnya," ujar salah satu pengurus KSP Pandawa Mandiri Group, Muhamad Deni, di PN Jakarta Pusat, Kemayoran, Rabu (24/5).

Deni juga mengatakan jumlah piutang Pandawa Group kepada nasabahnya sampai saat ini berkisar Rp 1,9 triliun. Total jumlah ini, diakui dia, masih belum pasti karena masih ada beberapa nasabah yang telat dalam menyampaikan kerugiannya.

Sementara untuk total nasabah atau kreditur di KSP Pandawa Group, kata Deni, diperkirakan sampai lebih dari 20 ribu orang. Bahkan, menurut dia, kemungkinan bisa menyentuh 30 ribu nasabah.

"Jumlah kreditur di awal itu 17 ribu, mungkin sekarang lebih dari 20 ribu kreditur, bahkan bisa 30 ribu," kata dia.

Deni mengatakan, nasabah yang melakukan verifikasi nantinya mempunyai hak suara untuk disampaikan pada 31 Mei 2017. Tanggal ini adalah waktu dilakukannya rapat dan pengambilan voting dari para nasabah. Sedangkan pada 30 Mei adalah waktu pembahasan rencana proposal.

"Kalau tidak ada proposal perdamaian yang diserahkan Pandawa, maka akan dinyatakan pailit," ucap dia, seperti dikutip dari Republika.

Selain itu, kalaupun ada proposal perdamaian yang disampaikan Nuryanto sebagai pemilik Pandawa Group, berikutnya tergantung pada para korban, apakah ingin mempailitkan Pandawa Group atau memberikan perpanjangan PKPU.

Deni mengungkapkan jika pada 31 Mei nanti Nuryanto tidak datang, maka jelas bahwa Pandawa akan ditetapkan pailit.

"Atau apabila tanggal 31 Mei beliau nggak hadir maka debitur dinyatakan pailit karena wajib hadir pada tanggal 31, dinyatakan pailit," ucap dia.

Sementara Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya terus membuka posko aduan bagi masyarakat yang menjadi korban investasi bodong Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa Mandiri Group.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Dana Tipu-tipu KSP Pandawa Group Capai Rp 1,9 Triliun Rating: 5 Reviewed By: satupos news