Latest News
20 May 2017

Kemenag Prediksi Awal Ramadhan 1438 H Serentak

SatuPos.Com | Sebentar lagi, Umat Islam bakal segera memasuki bulan Ramadhan. Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan 1438 Hijriah, pada Jumat (26 /5) mendatang. Meski demikian awal ramadhan diprediksi akan serentak.

Seperti biasa, organisasi kemasyarkatan (Ormas) Islam akan diundang guna mengikuti jalannya Sidang Isbat untuk penentuan 1 Ramadhan tersebut.

“Kita akan mengadakan Sidang Isbat, untuk menetapkan apakah saat itu hilal (bulan) sudah bisa dilihat, sebagaimana pertanda keesokan harinya kita memasuki awal Ramadhan,” kata Menteri Agama Lukman.Hakim Saifudin, pada Jum’at (19/5).

Sidang Isbat membahas hasil pemantauan hilal di sejumlah titik untuk mengetahui awal bulan Ramadhan.

“Kalau tidak (terlihat hilal), sebagaimana kelaziman yang berlaku, bahwa kita akan menggenapkan Bulan Syaban menjadi 30 hari, sehigga puasanya, 1 Ramadhan baru lusanya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Muhammadiyah sudah menetapkan terlebih dahulu penentuan awal Ramadhan melalui metode hisab.

Tidak hanya awal Ramadhan, Muhammadiyah juga sudah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Mengutip laman resmi Muhammadiyah, www.muhammadiyah.or.id, penetapan awal Ramadan, Idul Fitri itu telah dikeluarkan dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor: 01/MLM/I.0/E/2017 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1438 H.

Berdasarkan hasil hisab yang sudah dilakukan, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1438 H jatuh Sabtu, 27 Mei 2017.

Adapun 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017.

Maklumat itu dikeluarkan di Yogyakarta tertanggal 1 Maret 2017.

Maklumat itu ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum Abdul Mu'ti.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Kemenag Prediksi Awal Ramadhan 1438 H Serentak Rating: 5 Reviewed By: satupos news