Latest News
31 May 2017

Makna Ibadah Puasa


Assalamualaikum warahmatullhohi Wabarkatuh. Pembaca yang budiman

IBADAH adalah semua perkataan, perbuatan, maupun sikap, baik lahir maupun bathin manusia yang disenangi oleh Allah SWT dan diridhai-Nya.

Ibadah juga mengandung arti penghambaan diri makhluq (yang diciptakan) kepada Khaliq (Pencipta).

Dalam konteks inilah puasa merupakan bagian dari amal perbuatan yang baik yang dilakukan oleh orang-orang yang beriman sebagai tanda ketaatannya pada perintah Allah.

Orang yang melaksanakan puasa, berarti dia sudah beribadah kepada Allah. Dia menjaga perkataan , perbuatan dan sikapnya dari hal-hal yang membatalkan puasanya. Dia mampu menahan nafsunya berupa makan, minum dan menahan nafsu syahwatnya pada siang hari di bulan Ramadhan, semata-mata karena kepatuhannya dalam melaksanakan perintah dan larangan Allah SWT.

Untuk menghayati ibadah yang dilakukan, kita perlu memahami bahwa terdapat banyak ayat Al-Qur’an al-Karim yang menjelaskan tentang hakekat ibadah, antara lain:

1. Agama Islam sebagai agama Tauhid adalah agama yang memerintahkan manusia hanya menyembah Tuhan Yang Maha Esa. (QS. Al-Anbiya’ (21) : 92)
2. Manusia memahami bahwa dirinya adalah makhluq yang diciptakan. (QS. An-Nisa’ (4) :1)
3. Manusia menyadari bahwa tujuan penciptaan dirinya semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. (QS. Al-Baqarah (2) : 21) dan (QS. Al-Zaariyaat (51) : 56)
4. Manusia mengetahui bahwa perintah menyembah Allah SWT juga sudah dilakukan oleh umat Nabi-nabi terdahulu. (QS. Al-A’raf (7) : 59)
5. Manusia menyadari bahwa setiap perbuatan yang dilakukannya diketahui oleh Allah. (QS. An-Nahl (16) : 91) dan (QS. Asy-Syura (42) : 25).
6. Manusia menyadari bahwa Allah mengetahui segala yang disembunyikannya maupun yang dinyatakannya. (QS. Al-Baqarah (2) : 77)

Saudaraku…

Semoga puasa yang kita laksanakan selama bulan Ramadhan ini sebagai ibadah semata-mata mencari ridha Allah SWT.
Nasrum Minallah Wa Fathun Qorib
Wabasyiril mukminin
Wassalamualaikum Warahmatullohi Wabarkatuh

Dr.Azizah MA
* Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Al Washliyah
* Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Makna Ibadah Puasa Rating: 5 Reviewed By: satupos news