Latest News
10 June 2017

Makin Banyak Keluhan Kriminalisasi, MUI akan Temui Komnas HAM


SatuPos.Com | Ketua MUI KH Ma'ruf Amin merasakan makin banyak keluhan yang masuk ke pihanya terkait dugaan kriminalisasi ulama. Keluhan itu  muncul menyusul penetapan sejumlah kiai atau aktivis Islam yang kebetulan sudah ditangkapi dan sebagian diantaranya telah "divonis" sebagai tersangka.

"Keluhan secara informal pasti ada dari ulama atau ormas. Tapi laporan secara tertulis kepada MUI tidak ada," kata Kiai Ma'ruf, hari ini.

Kiai Ma'ruf mengatakan MUI akan mengklarifikasi dugaan kriminalisasi ke institusi yang berwenang. Pasalnya, menurut Ma'ruf, pihaknya tidak punya kewenangan untuk memastikan bahwa telah terjadi kriminalisasi atau tidak. "Meski demikian kita akan minta pihak lain untuk menjawab pertanyaan dan dugaan dari masyarakat itu," imbuhnya.

Baca juga: Habib Rizieq Resmi Tersangka, Pengacara: Itu Bentuk Pendzoliman

Dalam keterangannya, Kiai Ma'ruf mengapresiasi langkah Komnas HAM yang responsif menangani sejumlah keluhan dari ormas islam dan ulama terkait dugaan kriminalisasi itu.

"Oleh karena itu, Kita menunggu untuk bertemu dengan Komnas HAM. Kan para pihak yang merasa dikriminalisasi itu sudah melaporkan ke Komnas HAM, jadi kita sedang menunggu rekomendasi dari Komnas HAM terkait dugaan kriminalisasi ulama seperti apa," jelas Ma'ruf. (R-007)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Makin Banyak Keluhan Kriminalisasi, MUI akan Temui Komnas HAM Rating: 5 Reviewed By: satupos news