Latest News
13 July 2017

Utang Indonesia Makin Menggunung, Noorsy: Utang adalah Pintu Masuk Penjajahan


SatuPos.Com | Utang Indonesia ke luar negeri diperkirakan tidak hanya sebesar Rp. 3.672 triliun, tetapi jauh lebih besar.

Dalam hitungan pakar ekonomi senior, Ichsanuddin Noorsy, utang luar negeri Indonesia per Juni 2017 mencapai Rp 4.364,767 triliun.

Menurut dia, utang negara tidak hanya dihitung dari hubungan bilateral, melainkan semua kewajiban negara yang harus dibayar ke pihak luar negeri. Baik itu kepada negara lain, perusahaan asing, atau bank luar negeri.

"Karena kewajiban, maka dia tidak melulu pada posisi yang namanya pinjaman-pinjaman luar negeri," jelasnya dalam diskusi bertajuk "Utang Negara Untuk Siapa?" di Media Center Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/7).

Noorsy tak setuju dengan pemerintah yang kerap berutang ke luar negeri. Dalam pandangannya, utang akan membebani bangsa dan membawa negara ke situasi lebih sulit yaitu penjajahan.

"Utang adalah pintu masuk penjajahan," tegasnya, seperti dikutip dari RMOL

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Utang Indonesia Makin Menggunung, Noorsy: Utang adalah Pintu Masuk Penjajahan Rating: 5 Reviewed By: satupos news