16 Tahun LPS, Latar Belakang Berdirinya Badan Penjamin Simpanan

by -0 views
1632293198 statik.tempo .co - SatuPos.com


SatuPos.com, Jakarta – Bagi Anda yang sering berkunjung ke bank pasti pernah melihat tulisan yang berbunyi ‘Uang Anda dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (Lembaga Penjamin Simpanan).LPS), Lalu, apa sebenarnya LPS itu dan apa latar belakang serta fungsi keberadaan LPS ini? Demikian sedikit informasi tentang LPS agar anda lebih mengenal LPS.

Alasan Mendirikan LPS?
Latar belakang yang mendorong berdirinya LPS adalah krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1998. Saat itu, krisis moneter mengakibatkan likuidasi 16 bank dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan turun. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan, seperti memberikan jaminan atas seluruh kewajiban pembayaran bank. Kebijakan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 1998 dan Keputusan Presiden Nomor 193 Tahun 1998.

Dalam implementasinya, kebijakan tersebut perlahan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap industri perbankan. Namun, cakupan penjaminan emisi yang sangat luas menimbulkan bahaya moral dari pengelola bank atau masyarakat. Oleh karena itu, untuk menciptakan rasa aman bagi nasabah dan menjaga stabilitas industri perbankan, program penjaminan yang sangat luas harus diganti dengan sistem penjaminan terbatas.

Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan mengakomodir hal tersebut dengan mengamanatkan pembentukan LPS. LPS akhirnya diresmikan pada tanggal 22 September 2004 dengan landasan hukum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan. LPS baru efektif satu tahun kemudian, tepatnya 22 September 2005.

tupoksi LPS
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 disebutkan bahwa fungsi LPS adalah untuk menjamin tabungan nasabah dan menjaga stabilitas sistem perbankan. Selain itu, LPS memiliki beberapa tugas Satupos lain merumuskan dan menetapkan kebijakan agar dapat berperan aktif dalam menjaga stabilitas perbankan serta merumuskan, menetapkan, dan melaksanakan kebijakan penyelesaian bank gagal yang berdampak sistemik maupun nonsistemik.

BACA JUGA :  Hukum Haji Arisan, Mungkinkah? | IHRAM
Loading...

EIBEN HEIZIER

Baca: Dana Tabungan Turun LPS Tandai Dunia Usaha Mulai Persiapkan Ekspansi





Terimakasih sudah membaca artikel 16 Tahun LPS, Latar Belakang Berdirinya Badan Penjamin Simpanan

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *