Ekspor China Melonjak 25,6 Persen pada Agustus 2021

by -0 views
dampak rcep terhadap ekspor indonesia 169 - SatuPos.com



dampak rcep terhadap ekspor indonesia 169 - SatuPos.com

Jakarta, CNN Indonesia

Ekspor Cina tumbuh 25,6 persen (yoy) pada Agustus 2021. Angka ini lebih cepat dari bulan sebelumnya, 19,3 persen.

Dilaporkan Reuters, Selasa (7/9), realisasi pertumbuhan tersebut berada di atas perkiraan jajak pendapat analis yang hanya memperkirakan sebesar 17,1 persen. Kondisi ini menunjukkan ketahanan industri negeri tirai bambu di tengah meningkatnya jumlah kasus COVID-19 dan kendala dalam rantai pasok.

Peningkatan ekspor tidak lepas dari kuatnya permintaan global terhadap produk dari negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Padahal, bisnis di China sempat tertekan Agustus lalu karena aktivitas pabrik melambat sementara sektor jasa mengalami kontraksi di tengah kasus COVID-19.

Selain itu, kemacetan di pelabuhan juga sudah mulai teratasi sehingga membantu pengiriman ekspor bulan lalu.

Sebelumnya, pelabuhan pantai timur China mengalami kemacetan karena terminal di pelabuhan peti kemas terbesar kedua negara itu ditutup selama dua minggu karena kasus COVID-19.

Itu memberi tekanan lebih lanjut pada rantai pasokan global yang sudah berjuang dengan kekurangan kapal kontainer dan harga bahan baku yang tinggi.

Loading...

Sementara itu, impor meningkat 33,1 persen secara tahunan di bulan Agustus. Realisasi tersebut di atas perkiraan oleh jajak pendapat analis Reuters, 26,8 persen, dan lebih tinggi dari pertumbuhan bulan sebelumnya, 28,1 persen.

Secara keseluruhan, China mencatat surplus perdagangan sebesar US$58,34 miliar pada Agustus. Angka tersebut lebih besar dari perkiraan jajak pendapat analis, surplus US$51,05 miliar dan melampaui realisasi bulan sebelumnya US$56,58 miliar.

[Gambas:Video CNN]

(pfr/satu)






Terimakasih sudah membaca artikel Ekspor China Melonjak 25,6 Persen pada Agustus 2021

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  Fakta Harga Obat Terapi Covid Capai Rp. 25 Juta, Bu: Mafia Narkoba Ambil Tindakan Tegas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *