Gerindra Usulkan 1 Juta Guru Kehormatan Diangkat PPK Tanpa Tes

by -0 views
84e93bf1 8974 4e43 8782 c7418f61c871 169 - SatuPos.com



84e93bf1 8974 4e43 8782 c7418f61c871 169 - SatuPos.com

Jakarta, CNN Indonesia

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani | usulkan 1 juta guru honorer diangkat sebagai Pegawai Negeri dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tanpa melalui tes. Muzani mengatakan para guru honorer itu telah mengabdi selama bertahun-tahun.

“Pengabdian panjang mereka harus diapresiasi dan dihargai dengan mengangkat mereka menjadi pegawai PPPK tanpa perlu tes,” kata Muzani kepada wartawan, Selasa (21/9).

Muzani mengatakan, pengangkatan 1 juta guru honorer menjadi PPPK akan memberikan kepastian masa depan mereka. Penunjukan ini juga merupakan penghargaan bagi mereka yang telah mengabdi selama puluhan tahun.

“Kita harus mensyukuri jasa, waktu dan tenaga mereka. Diangkatnya mereka sebagai pegawai PPPK akan memberikan kepastian masa depan mereka sehingga pengabdian mereka di dunia pendidikan semakin pasti,” ujarnya.

Di sisi lain, Muzani menyoroti pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, pemerintah harus bisa menerapkan pembelajaran tatap muka secara aman.

Wakil Ketua MPR mengatakan, model pembelajaran online sangat dipengaruhi oleh ketersediaan gadget, jaringan internet, dan kuota internet. Menurutnya, sistem tersebut belum optimal karena telah menimbulkan kejenuhan bagi siswa, guru, termasuk penyelenggara pendidikan.

“Jika ini terus berlanjut, kualitas sumber daya manusia, katanya, pada akhirnya tidak akan seperti yang diharapkan karena proses pendidikan yang dihasilkan kurang sempurna. Apalagi proses pendidikan ini tidak menjangkau seluruh siswa dan wilayah Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengingatkan ada tiga peluang bagi guru honorer yang mengikuti ujian PPPK.

Loading...

Tjahjo mengatakan tes pertama khusus untuk tenaga honorer kategori II (THK II) dan guru non-ASN yang terdaftar di Data Dasar Pendidikan (Dapodik). Tes kedua dan ketiga diadakan bagi peserta yang gagal pada tes pertama.

BACA JUGA :  Ketua MPR Bamsoet Tanggapi Uji Coba Tempat Wisata Ilegal dan Pinjaman

“Panselnas Seleksi Guru PPPK ASN 2021 memberikan kesempatan untuk mengikuti tes Seleksi Kompetensi sebanyak tiga kali,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulis, Senin (20/9).

Pelaksanaan tes PPPK bagi guru honorer menuai kritik. Pemerintah dinilai mempersulit guru honorer yang sudah puluhan tahun mengabdi menjadi PPPK.

Persatuan Pendidikan dan Guru (P2G) mengkritik nilai kelulusan yang terlalu tinggi. Selain itu, banyak kendala teknis, seperti lokasi yang tidak dapat diakses, menjelang tes PPK.

“Bayangkan bagaimana mereka tidak stres. P2G melihat Panselnas belum siap, informasinya seharusnya sudah tegas sejak lama dan tidak berubah,” kata Koordinator Nasional Persatuan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim, Rabu (15/9) .

(dari / dari)

[Gambas:Video CNN]






Terimakasih sudah membaca artikel Gerindra Usulkan 1 Juta Guru Kehormatan Diangkat PPK Tanpa Tes

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *