Hampir 16 Juta UMKM Masuki Ekosistem Digital Indonesia

by -0 views
wawancara pelaku umkm 169 - SatuPos.com



wawancara pelaku umkm 169 - SatuPos.com

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki tercatat terdapat 15,9 juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masuk ke ekosistem digital Indonesia hingga awal Oktober 2021. Jumlah ini meningkat dua kali lipat selama pandemi covid-19.

“Angka ini naik 100 persen dibandingkan sebelum pandemi yang masih 8 juta UMKM,” kata Teten seperti dikutip Satupos. Di Satupos, Jumat (1/10).

Teten mengatakan pemerintah terus membantu UMKM memasuki ekosistem digital online. Salah satunya dengan melakukan kurasi kemasan produk.

Selain itu, kementerian juga menyediakan laboratorium UMKM di bidang fashion, kuliner, dan mekanik.

“Saat ini tren pasar sangat dinamis dan sangat cepat, sehingga harus ada pendampingan kepada UMKM agar bisa beradaptasi, berinovasi produk, dan bertransformasi ke digital. Semangat ini harus diadopsi oleh semua pihak yang terlibat,” ujarnya.

Teten berharap bantuan ini dapat memberikan dampak transformasional bagi UMKM. Dengan begitu, jumlah UMKM yang masuk ke ekosistem digital bisa terus bertambah hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan mencapai 30 juta UMKM pada 2024.

Loading...

“Ini bisa menjadi masa depan perekonomian Indonesia. Apalagi kita tahu 99,9 persen tulang punggung kita adalah sektor UMKM, sehingga perlu ada dukungan dan bantuan ekspor,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(uli / sfr)






Terimakasih sudah membaca artikel Hampir 16 Juta UMKM Masuki Ekosistem Digital Indonesia

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

BACA JUGA :  Hari ini 20 Provinsi Melaporkan Nol Kasus Kematian Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *