Hukum Haji Arisan, Mungkinkah? | IHRAM

by -2 views
020699500 1627023723 830 556 - SatuPos.com


IHRAM.CO.ID,

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wr. wb.

Tolong jelaskan tentang hukum arisan haji. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Jito Negoro (Diadili pada Jum’at 13 Jum’at akhir 1441 H/7 Februari 2020 M)

Menjawab:

Terima kasih sebelumnya atas pertanyaan yang telah Anda percayakan kepada kami untuk dijawab. Ada dua pertanyaan yang Anda tanyakan, yang pertama tentang hukum pinjaman di koperasi dan yang kedua tentang hukum arisan haji. Sebelumnya pembahasan tentang umroh telah dibahas pada Tanya Jawab Agama jilid 1 halaman 121-123 yang membahas tentang haji dari ekor dan rumpun.

Loading...

Hukum menunaikan haji adalah fardu ‘ain bagi orang yang telah memenuhi syarat yaitu muslim, cerdas, mandiri, dan mampu. Mampu di sini adalah mampu secara fisik dan material dan tidak ada hambatan di jalan.

Dari segi materi adalah memiliki biaya perjalanan ke sana dan biaya hidup selama di tanah suci, serta memiliki biaya untuk membiayai keluarga yang ditinggalkannya, tentunya dengan biaya yang halal. Berdasarkan firman Tuhan di bawah ini,

… لِلهِ لَى النَّاسِ

… (Di antara) kewajiban manusia kepada Allah adalah menunaikan haji ke Baitullah, yaitu bagi yang mampu melakukan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya (tidak membutuhkan apa-apa) dari seluruh alam. [Q.S. Ali ‘Imran (3): 97].

Ayat di atas menunjukkan bahwa kewajiban haji berlaku bagi orang yang mampu, yaitu mampu melakukan perjalanan dan memiliki biaya untuk menghidupi keluarga yang ditinggalkan. Sedangkan masyarakat yang tidak mampu, belum terkena kewajiban menunaikan haji.





Terimakasih sudah membaca artikel Hukum Haji Arisan, Mungkinkah? | IHRAM

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  Ini Strategi Surabaya Turun ke PPKM Level 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *