Ibu negara ingin rendang dicintai dunia dan diakui oleh UNESCO

by -4 views
03.tenun - SatuPos.com



03.tenun - SatuPos.com

Kami menunjukkan kepada dunia kekayaan kuliner Indonesia dan kami meyakinkan dunia bahwa rendang layak untuk dicintai dan diakui oleh UNESCO dan dunia

Jakarta (Satupos) – Ibu Negara Iriana Joko Widodo ingin rendang dicintai dan diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dan dunia.

“Kami memasak rendang bersama, kami menunjukkan kepada dunia kekayaan kuliner Indonesia dan kami meyakinkan dunia bahwa rendang layak untuk dicintai dan diakui oleh UNESCO dan dunia,” katanya melalui tautan konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat , Sabtu.

Hal itu ia sampaikan dalam acara “World-wide Virtual Rendang Cooking” dalam rangka pencatatan rendang sebagai warisan budaya dunia dari Sumbar, Indonesia kepada UNESCO.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Pemprov Sumbar bersama Lantamal II, Dharma Pertiwi, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Diaspora Minang, Dekranasda, Ikatan Ahli Katering (Ikaboga) dan Bhayangkari Sumbar.

Dalam acara tersebut, masyarakat juga diminta untuk memasak rendang terlebih dahulu (kaliyo) dan selama acara berlangsung rendang di atas kuali dan kompor dengan api yang menyala sesaat sebelum dimasak.

“Pada 2011 rendang dinobatkan sebagai hidangan terlezat dalam daftar 50 hidangan di dunia oleh CNN International,” kata Iriana.

Selanjutnya, rendang juga diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia dari Sumatera Barat pada 2013 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan menduduki peringkat ke-11 sebagai makanan terlezat di dunia pada 2011 dan 2021 versi CNN Travel.

Namun, menurut Iriana, hal tersebut tidak cukup.

Loading...

“Tapi itu belum cukup, kita harus berjuang lebih keras. Target kita rendang bisa dinobatkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia oleh UNESCO,” ujarnya.

Ibu Ngara juga berharap rendang bisa disajikan di berbagai tempat di dunia.

BACA JUGA :  Apresiasi Loyalitas Nasabah, BRI Gelar BritAma FSTVL

“Kami ingin rendang disajikan dan dicintai dunia. Selamat memasak,” kata Iriana Joko Widodo.

Baca juga: Presiden Jokowi Sapa PM Malaysia Muhyiddin dengan Makan Siang Rendang

Baca juga: Sumbar Usulkan Rendang Jadi Warisan Dunia UNESCO

Baca juga: Kemenko Perekonomian Percepat Rendang Go Internasional

Baca juga: Kemenparbud Nyatakan Rendang Masih Populer di Dunia

Reporter: Desca Lidya Natalia
Editor: Andi Jauhary
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Ibu negara ingin rendang dicintai dunia dan diakui oleh UNESCO

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *