Ketentuan Terbaru Perjalanan Kereta Api dan Transportasi Darat

by -0 views
arus balik lebaran di stasiun pasar senen 1 169 - SatuPos.com



arus balik lebaran di stasiun pasar senen 1 169 - SatuPos.com

Jakarta, CNN Indonesia

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 telah dirilis kondisi terbaru untuk wisatawan domestik atau jarak jauh. Kondisi ini berlaku berbeda di setiap wilayah berdasarkan kategori PPKM Level 4 dan 3, dan Level 2 dan 1.

Untuk perjalanan melalui laut dan darat menggunakan kendaraan pribadi, umum, penyeberangan, dan kereta api di wilayah kategori PPKM Level 4 dan 3, wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama vaksinasi dan hasil RT-PCR negatif dengan periode sampel 2×24 jam sebelum keberangkatan.

Sedangkan pemudik di wilayah kategori PPKM Level 2 dan 1 dapat menunjukkan hasil RT-PCR negatif yang sampelnya diambil 2×24 jam sebelum keberangkatan atau antigen tes cepat yang sampelnya diambil dalam waktu 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Selain ketentuan di atas, pemudik juga wajib mematuhi protokol kesehatan 6M dan menggunakan masker. Wisatawan juga tidak diperbolehkan berbicara dan makan dan minum sepanjang perjalanan.

Aturan baru ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Selama Pandemi Covid-19 yang ditandatangani Kepala BNPB selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito.

“Bahwa hingga saat ini jumlah kasus positif COVID-19 harian belum menurun secara signifikan, dipandang perlu untuk memutus mata rantai penularan dengan membatasi aktivitas perjalanan masyarakat,” tulis latar belakang SE, dilansir Selasa (27/7).

Keputusan ini merupakan hasil evaluasi lintas sektoral yang dilakukan dengan pertimbangan kepatuhan terhadap protokol kesehatan masyarakat masih rendah dan memberikan peluang peningkatan penularan COVID-19.

Loading...

Sedangkan PPKM berjenjang dari tingkat pusat hingga tingkat masyarakat yang penetapannya didasarkan pada penilaian di tingkat kabupaten/kota terhadap indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial oleh Menteri Kesehatan.

BACA JUGA :  Pakar Soroti Risiko Keamanan Cetak Hasil Vaksinasi dalam Bentuk Kartu

Syarat lainnya, wisatawan di bawah usia 12 tahun untuk sementara dibatasi.

[Gambas:Video CNN]

(satu/sfr)






Terimakasih sudah membaca artikel Ketentuan Terbaru Perjalanan Kereta Api dan Transportasi Darat

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *