Pemerintah Harus Memperbaiki Kondisi Lapas

by -0 views
95750 peristiwa kebakaran di lapas klas i tangerang yang menewaskan 41 orang narapidana foto istimewa - SatuPos.com


SatuPos.com – Amnesty International Indonesia menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dari 41 korban tewas akibat kebakaran yang melanda Lapas Kelas I Blok C2 di Tangerang pada Rabu (8/9/2021). Belajar dari kejadian tersebut, Amnesty International Indonesia mendorong pemerintah untuk meningkatkan kualitas penjara di seluruh Indonesia.

“Kami turut berbela sungkawa kepada keluarga para korban. Ini bukan insiden kebakaran biasa, tetapi juga masalah HAM. Kejadian ini semakin menunjukkan urgensi untuk mengatasi masalah penjara di Indonesia yang penuh dengan pelanggaran HAM,” Amnesty International Direktur Eksekutif Indonesia Usman Hamid mengatakan dalam keterangan tertulis, Rabu.

Selama ini para napi harus tidur berdesakan karena kamar yang tersedia sangat sempit. Hal ini juga membuktikan bahwa masalah yang terjadi di Lapas di Indonesia adalah kelebihan kapasitas.

Padahal, menurut Usman, narapidana juga berhak mendapatkan kondisi penjara yang layak.

Baca juga:
Warga Afrika Selatan dan Portugal Jadi Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Peristiwa Kebakaran Lapas Klas I Tangerang (Kolase Foto/Khusus)
Peristiwa Kebakaran Lapas Klas I Tangerang (Kolase Foto/Khusus)

“Tahanan dan narapidana sering ditempatkan di penjara yang penuh sesak yang mengancam kehidupan dan kesehatan mereka. Mereka juga manusia yang berhak atas kondisi penjara yang layak dan hak atas kesehatan,” katanya.

Usman mengatakan, semua narapidana berhak diperlakukan secara manusiawi dan bermartabat. Menurutnya, tempat penahanan harus menyediakan ruang, penerangan, udara, dan ventilasi yang memadai.

Loading...

“Peristiwa seperti ini tidak boleh terjadi lagi. Terbatasnya daya tampung Lapas dengan jumlah penghuni yang berlebihan merupakan akar permasalahan serius dalam sistem peradilan pidana di Indonesia,” ujarnya.

Ke depan, Usman berpendapat bahwa pemerintah harus segera mengambil langkah untuk menangani masalah tersebut dengan mengubah orientasi politik kebijakan dalam menangani kejahatan ringan, termasuk yang terkait dengan penggunaan narkotika.

“Pemerintah dapat membebaskan mereka yang seharusnya tidak pernah ditahan, termasuk tahanan hati nurani dan orang yang ditahan berdasarkan pasal karet dalam UU ITE.”

Baca juga:
Pasca kebakaran Lapas Tangerang, Rutan Wonogiri menggerebek kamar para narapidana





Terimakasih sudah membaca artikel Pemerintah Harus Memperbaiki Kondisi Lapas

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  Rangers melarang penggemar rasis menonton pertandingan tanpa batas waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *