Presiden Minta Biaya Logistik Turun

by -0 views
INSA - SatuPos.com


SatuPos.com – Pelaku usaha logistik berkesempatan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (8/9). Mereka juga melaporkan berbagai kendala yang dialami di lapangan serta harapan mereka terkait dukungan pemerintah terhadap sektor logistik dalam kondisi saat ini. Apalagi saat ini biaya pengiriman barang ke luar negeri sedang tinggi.

Ketua Umum Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan ada beberapa hal yang disampaikan kepada kepala negara. Satupos lain terkait pelayaran melalui laut yang terkendala dengan ketersediaan peti kemas dan kapal.

“Pertama tentu masalahnya (kontainer dan kapal, red). Namun, penekanannya lebih pada ruang angkasa kapal saat ini masih sangat terbatas. Kontainernya pelan-pelan diselesaikan,” kata Carmelita kepada Jawa Pos, Kamis (9/9).

Menurutnya, saat ini kondisi ketersediaan ruang kapal untuk pengiriman luar negeri terbatas. Hal ini disebabkan oleh penurunan jumlah angkutan laut dibandingkan dengan kondisi normal.

“Saat pandemi, jumlah kapal berkurang karena mereka (pengusaha kapal, red) banyak menjual kapalnya. Sekarang mereka sedang dalam proses pembelian kapal baru, tapi itu akan memakan waktu lama,” tambah Carmelita.

Loading...

Soal keterbatasan kapal, menurut dia, Presiden menanggapi dengan menjanjikan pemerintah akan berusaha membantu mencarikan jalan keluar. Operator jalur utama (MLO) atau operator pelayaran jalur utama juga diarahkan untuk mencoba membantu.

Redaktur : Estu Suryowati

Wartawan : (agf/dee/c13/dio)





Terimakasih sudah membaca artikel Presiden Minta Biaya Logistik Turun

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  OJK Akan Panggil Jusuf Hamka, Klarifikasi Bank Syariah Zalim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *