Soal Jabatan Presiden 3 Periode, Fadjroel: Jokowi Seperti Pandito Ratu

by -0 views
Fadjroel Rachman Raka 2 - SatuPos.com


SatuPos.com – Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman mengatakan hingga saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum membicarakan kemungkinan rakyat dan parpol menyetujui perpanjangan masa jabatan Presiden. “Dia (Jokowi) juga tidak pernah membuat pernyataan tentang pernyataan itu,” kata Fadjroel dalam diskusi virtual, Sabtu (11/9).

Menurut mantan aktivis 1998 ini, Presiden Jokowi dengan tegas menolak perpanjangan masa jabatan kepala negara. Hal itu disampaikannya pada 12 Februari 2019 dan 15 Maret 2021.

“Dia (Jokowi, red) berbicara kepada saya tanpa niat atau minat untuk menjadi presiden selama tiga periode. Itu yang harus kita jaga bersama. Jadi itu sikap politik seperti Pandito Ratu (pemimpin yang tidak mencela),” katanya.

Bahkan, Fadjroel menegaskan, dalam pertemuan dengan pimpinan umum partai politik pendukung pemerintah, tidak ada pembahasan amandemen UUD 1945 untuk menambah masa jabatan kepala negara.

“Karena yang dibahas adalah progress update penanganan Covid-19, perkembangan makro ekonomi nasional, strategi ekonomi, lalu pemerintahan daerah dan ibu kota negara baru. Sama sekali tidak membicarakan amandemen,” ujarnya.

Loading...

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny K Harman menduga PAN bergabung dengan koalisi pemerintah dalam rangka memperkuat dukungan terhadap usulan amandemen UUD 1945. Anggota Komisi III DPR ini khawatir agenda amandemen tersebut kemudian berkembang menjadi perubahan atau perpanjangan masa jabatan presiden.

Adapun bergabung dengan PAN, koalisi Jokowi kini menguasai 471 dari 575 kursi atau 81,91 persen kursi di DPR. Untuk mengusulkan dan menyetujui perubahan konstitusi di MPR angka ini sudah lebih dari cukup. Sedangkan untuk melakukan amandemen UUD 1945 dapat dilakukan jika diusulkan oleh sekurang-kurangnya sepertiga dari 711 anggota MPR.

Editor: Edy Pramana

BACA JUGA :  SatuPos.com - Berita Terbaru Indonesia

Wartawan : Gunawan Wibisono





Terimakasih sudah membaca artikel Soal Jabatan Presiden 3 Periode, Fadjroel: Jokowi Seperti Pandito Ratu

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *