7 Cara Menemukan Ide Bisnis untuk Pemula

by -2 views
Cara Menemukan Ide Bisnis - SatuPos.com


Cara Menemukan Ide Bisnis


Apakah Anda masih belum punya ide bisnis? Memang sulit bagi mereka yang tidak tahu bagaimana menemukan ide bisnis, tetapi jika Anda sudah tahu, mudah untuk menemukan ide bisnis.

Sebelum memulai bisnis tentunya hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah bisnis apa yang akan dijalankan, Anda tidak bisa begitu saja menjalankan bisnis tanpa mengetahui permintaan pasar di sekitar Anda. Nah, untuk mencari bisnis yang tepat dan sesuai dengan pasar yang ingin dimasuki, ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu.

Namun selain melakukan survei, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menemukan ide bisnis yang tepat dan sesuai dengan pasar. Pada artikel ini saya akan membuat daftar bagaimana menemukan ide bisnis.

Artikel ini bersumber dari hasil membaca buku Bisnis Rumahan dengan Perputaran Modal Pendek Miliaran. Langsung saja kita simak artikel berikut ini.

1. Bantu orang lain

Pierre Omidyar pendiri situs lelang e-Bay di internet yang mempertemukan pembeli dan penjual dari seluruh dunia, menemukan ide bisnis Saat membantu teman mencari pembeli.

Dia membuat situs untuk mempromosikan barang dagangan temannya, dan mengundang pedagang dan pembeli lain untuk juga mencari pembeli atau menjual di situs tersebut. e-Bay. Dalam beberapa bulan setelah peluncuran e-Teluk, jutaan orang telah mengakses situs ini.

Pierre kemudian mengutip biaya 25 sen hingga 2 dolar untuk setiap penempatan iklan di situs ini. Dalam waktu tiga tahun sejak peluncuran pertamanya pada tahun 1995, e-Bay sudah layak ditawarkan di pasar umum. Tahun 2000, situs e-Bay telah dikunjungi oleh 22 juta orang.

2. Hobi

Kemudian Anda bisa mendapatkan ide bisnis dari hobi Anda. Biasanya mereka yang memulai bisnis dari hobi berhasil, karena menjalankan bisnis dengan cinta dan tanpa beban.

Sebagai contoh Bill Gates pendiri jendela yang memulai usahanya dari hobi mengutak-atik program komputer. Hobi yang digeluti Bill Gates dengan serius ini telah mengantarkannya menjadi orang terkaya di dunia melalui perusahaan Windows yang ia dirikan dengan hobi tersebut.

3. Pengalaman

Ide bisnis juga dapat ditemukan melalui pengalaman, baik itu pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain. Jika pengalaman ini merupakan pengalaman buruk tentunya kita tidak ingin pengalaman tersebut terulang kembali.

Kami akan mencoba mencari cara “baru” untuk menghindari kesulitan dan masalah yang kami hadapi. Jalur baru inilah yang memacu munculnya ide-ide bisnis yang brilian, seperti yang dialami oleh Ralph Schneider.

Ralph Schneider mendapat ide untuk meluncurkan Klub Makan (yang menjadi cikal bakal kartu kredit), dari pengalaman buruknya di sebuah restoran. Saat itu, saat hendak membayar makanan yang dipesan, Ralph baru sadar bahwa ia tidak punya uang tunai karena lupa membawa dompet.

Loading...

Dari sinilah muncul ide baginya untuk membuat alat pembayaran yang memudahkan orang untuk membayar makanan tanpa mengeluarkan uang tunai.

4. Pengamatan

Selain pengalaman, observasi juga merupakan sumber ide bisnis yang tidak ada habisnya. Dari mengamati segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita, kita dapat menemukan kebutuhan pasar yang belum terpenuhi, yang dapat kita ubah menjadi peluang bisnis.

Pada prinsipnya, identifikasi unmet need merupakan konsep dari upaya membangun bisnis. Dari pengamatan ini, banyak ide bisnis dan peluang bisnis yang bisa digali dan dikembangkan.

Isaac Merritt Penyanyi berhasil mengidentifikasi kebutuhan masyarakat akan mesin jahit untuk rumah tangga. Ide ini dituangkan menjadi sebuah peluang bisnis yang kemudian diwujudkan dengan membuat mesin jahit yang praktis untuk digunakan di rumah.

5. Gagasan lama yang diperbarui

Pendiri Jeff Bezos Amazon.com dapatkan ide bisnisnya dengan memperbaharui ide lama menjual buku di toko buku biasa menjadi berjualan via online.

Praktis karena pembeli bisa membayar menggunakan kartu kredit kapanpun dan dimanapun dia berada. Pengiriman buku juga dilakukan lebih cepat dibandingkan pengiriman buku dengan memesan secara tradisional ke toko buku biasa.

Hingga saat ini Amazon tidak hanya menjual buku, namun banyak hal lainnya, kesuksesan Amazon mengantarkan Jeff menjadi orang terkaya nomor satu di dunia berdasarkan data Forbes 2020.

6. Ide orang lain

Jennifer Basye Sander membangun kerajaan (direktori) “Buku Kuning” dari semua bisnis yang dijalankan oleh wanita di kota tempat tinggalnya. Buku ini ternyata laris manis. Informasi dalam buku ini terus diperbarui Terbaru.

Dari mana ide ini berasal? Ternyata ide ini ditemukan oleh Jennifer, penulis buku “Ceruk dan Tumbuh Kaya”, dari kota lain yang pernah ia kunjungi yang juga memiliki direktori serupa yang ternyata laris manis di kota itu.

Dia membawa ide bisnis ini (sebuah ide yang berhasil diimplementasikan orang lain di satu kota) untuk diimplementasikan di kota tempat dia tinggal. Ternyata ide ini juga mendapat respon luar biasa yang memberikan penghasilan yang memuaskan bagi Jennifer Basye Sander.

7. Kolaborasi

Dua kepala lebih baik dari satu, begitu kata pepatah. Ternyata benar juga. ini adalah apa Sergey Brin dan Larry Page yang mendirikan mesin pencari Google. Perpaduan ide dua orang dengan karakter dan kepribadian yang berbeda, hingga kini Google tetap eksis dan semakin sukses.

Bahkan Google dianggap sebagai mesin pencari kata tercepat dan terdepan dibandingkan para pesaingnya. Berkat kolaborasi kecerdasan dua orang ini, Google menjadi bisnis yang cukup menguntungkan di dunia maya.

Itulah artikel tentang 7 Cara Menemukan Ide Bisnis untuk Pemula, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga cara mencari peluang bisnis.

Jika Anda ingin mengenal kami lebih jauh, Anda dapat menemukan kami di Indonesia dan Facebook.





Terimakasih sudah membaca artikel 7 Cara Menemukan Ide Bisnis untuk Pemula

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  Harga minyak turun karena kekhawatiran permintaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *