Bangun Bisnis Keluarga dengan Ide Ini, Siapapun Bisa!

by -5 views
Bangun Bisnis Keluarga - SatuPos.com


Ada banyak pilihan untuk memulai bisnis. Selain ide, modal, dan manajemen, ada hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan bisnis yaitu mitra atau mitra bisnis. Bisnis adalah hal yang tidak bisa dilakukan sendiri, apalagi bagi Kawan SatuPos yang ingin mengembangkan bisnisnya secara besar-besaran.

Teman SatuPos membutuhkannya mitra atau rekan kerja dalam menjalankan bisnis. Dengan adanya mitra Dalam hal ini Kawan SatuPos dapat membagi tugas sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Dengan pasangan ini juga, Kawan SatuPos memiliki teman untuk diajak bicara ketika dia menemukan masalah.

SatuPos teman bisa buat kenalan atau teman sebagai mitra. Namun selain teman atau kenalan, Kawan SatuPos juga bisa mengajak anggota keluarga untuk membangun bisnis bersama dan menyebutnya bisnis keluarga. Betapa keluarga adalah orang terdekat di sekitar kita. Bisnis apa yang bisa Anda mulai dengan keluarga Anda? Sebelum berbicara tentang ide bisnis, apa sebenarnya bisnis keluarga itu?

Apa itu Bisnis Keluarga?

ide bisnis keluarga

Urusan keluarga sering dihindari oleh banyak orang. Banyak dari mereka yang berpendapat bahwa bisnis keluarga dapat memutuskan hubungan antar anggota keluarga. Memang dalam sebuah bisnis keluarga terdapat kemungkinan terjadinya perpecahan antar anggota keluarga, namun bukan berarti semua bisnis keluarga itu buruk.

Di Indonesia ada beberapa bisnis keluarga yang sukses sampai sekarang. Mereka adalah Sampoerna, Indofood, Djarum, dan Grup Bakrie. Sedangkan untuk bisnis keluarga internasional, ada Samsung, Nike, dan Volkswagen. Oleh karena itu, jangan berasumsi bahwa bisnis keluarga akan menyebabkan perselisihan antar anggota keluarga, tetapi percayalah dengan bekerja sama dengan keluarga membangun bisnis akan lebih mudah. Terutama untuk urusan permodalan dan pembagian tugas.

Mengapa Membangun Bisnis Keluarga?

keluarga

Setelah mengetahui apa itu bisnis keluarga, selanjutnya mengapa Kawan SatuPos harus membangun bisnis keluarga? Berikut ini adalah alasan mengapa bisnis keluarga layak menjadi pilihan dalam membangun bisnis:

1. Membangun Kekayaan Generasi Berikutnya

Kekayaan yang SatuPos bangun saat ini nantinya akan diwariskan kepada anak-anaknya bahkan kepada cucu-cucunya. Dengan membangun bisnis keluarga, Kawan SatuPos telah berinvestasi pada generasi berikutnya. Selain berbisnis, Kawan SatuPos juga bisa menginvestasikan kekayaan yang dimiliki SatuPos agar berlipat ganda.

2. Memiliki Jam Kerja yang Fleksibel

Sama seperti bisnis lainnya, mengelola bisnis keluarga juga akan membuat Kawan SatuPos memiliki jam kerja yang fleksibel. SatuPos bisa menentukan jam kerja SatuPos sendiri dan jangan lupa untuk memastikan bisnis keluarga yang dikelola SatuPos berjalan dengan baik. Sebagai pemilik usaha, Kawan SatuPos bisa datang terlambat dan pulang lebih awal, tetapi ada kalanya SatuPos datang lebih baik dan pulang terlambat.

3. Untuk Meningkatkan Kesehatan Keluarga

Dengan jam kerja yang lebih fleksibel, Kawan SatuPos dapat meluangkan waktu untuk menjaga kesehatan seperti jogging atau bersepeda. Selain dapat meluangkan waktu untuk berolahraga bersama keluarga, Kawan SatuPos juga dapat membuat program kesehatan bagi karyawan seperti pemberian buah-buahan gratis setiap hari tertentu atau mengadakan kelas yoga pada waktu-waktu tertentu.

4. Meningkatkan Nilai Keluarga

Dengan membangun bisnis keluarga, Kawan SatuPos dapat meningkatkan nilai-nilai yang ada dalam keluarga Kawan SatuPos menjadi bisnis. Nilai-nilai tersebut meliputi nilai tanggung jawab, nilai kerja keras, nilai kekeluargaan, menghargai orang lain, dan nilai-nilai lainnya. Dengan membangun bisnis keluarga, Kawan SatuPos bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan anggota keluarga lainnya.

5. Dapatkan Modal Lebih Cepat

Keluarga bisa menjadi jalan ketika Kawan SatuPos membutuhkan modal untuk membuka usaha. Selain bisa mengajak keluarga untuk berinvestasi di bisnis Kawan SatuPos, Kawan SatuPos juga bisa modal usaha patungan dengan anggota keluarga lainnya.

Ide Bisnis Keluarga Paling Menguntungkan

tanaman

Ide adalah salah satu hal terpenting untuk memulai bisnis. Sebagai seseorang yang ingin membuka usaha keluarga, Kawan SatuPos pasti membutuhkan ide untuk memulai. Berikut ini adalah ide bisnis keluarga yang bisa dikembangkan Kawan SatuPos bersama keluarganya:

1. Restoran

Bisnis pertama yang bisa dikembangkan Kawan SatuPos bersama keluarganya adalah bisnis warung makan. Meski bisnis ini merupakan bisnis jadul, dengan inovasi, bisnis warung makan juga bisa menjadi bisnis modern. SatuPos bisa memberikan inovasi dengan cara variasi menu atau membuat warung makan portabel dimana Anda bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Teman-teman SatuPos bisa membagi tugas ke masing-masing anggota, mulai dari tugas memasak, menerima pesanan, dan juga menjadi kasir.

2. Tempat Kursus

Bagi teman-teman SatuPos yang berlatar belakang guru atau menyukai pendidikan bisa mengembangkan usaha tempat mereka mengambil kursus. Ada banyak jenis kursus yang bisa Anda pilih, mulai dari kursus mata pelajaran atau kursus keterampilan seperti program komputer. Kawan SatuPos bisa membagi tugas ke setiap anggota keluarga dan jika sudah berkembang, tidak ada salahnya merekrut guru untuk mengajar di kursus Kawan SatuPos.

Loading...

3. EO (Penyelenggara Acara)

Banyak orang mengalami kesulitan saat mengadakan sebuah acara, baik itu ulang tahun atau pernikahan. Sebagai solusi dari masalah ini, SatuPos bisa membuka usaha penyelenggara acara atau EO bersama keluarga. Penyelenggara acara adalah bisnis yang membutuhkan banyak mitra. SatuPos dapat mengajak anggota keluarga untuk bekerja sama dan membagikan tugas kepada setiap anggota keluarga. SatuPos bisa membagi tugas menjadi 4-5 orang sebagai koordinator dan 1 orang penanggung jawab. Selain itu, Kawan SatuPos dapat mengambil pekerja lepas sebagai pekerja lapangan.

4. Sewa Motor atau Mobil

Untuk memulai bisnis rental mobil, Kawan SatuPos tidak perlu melibatkan seluruh keluarga. SatuPos bisa mengajak satu atau dua anggota keluarga untuk bekerja sama. Anggota keluarga lainnya dapat berperan sebagai pendukung usaha yang sedang dikembangkan SatuPos, seperti pemasaran atau marketing pelayanan pelanggan.

Salah satu kendala yang dialami dalam membuka rental mobil adalah mahalnya harga mobil dan untuk membuka usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, Kawan SatuPos bisa menyiasatinya dengan membeli mobil secara kredit. Sobat SatuPos bisa mencicilnya dengan penghasilan dari usaha rental mobil.

5. Berkebun

Jangan mengira SatuPos membutuhkan lahan berhektar-hektar untuk membuka usaha perkebunan. Di era serba canggih sekarang ini, SatuPos bisa berinovasi untuk berkebun. Sobat SatuPos bisa menggunakan cara hidroponik yang tidak membutuhkan banyak lahan. Sahabat SatuPos bisa memanfaatkan lahan seluas 30 meter persegi untuk memulai berkebun hidroponik. Teman-teman SatuPos hanya membagi tugas kepada anggota keluarga dan memastikan anggota keluarga memahami syarat dan cara berkebun.

Tips yang Harus Dilakukan untuk Kesuksesan Bisnis Keluarga

ide bisnis keluarga

Agar bisnis keluarga yang dimiliki SatuPos dapat berjalan dengan lancar dan memberikan keuntungan yang besar, ada beberapa tips yang harus dilakukan SatuPos. Apa saja tips yang bisa dilakukan untuk membuat bisnis keluarga yang menguntungkan?

1. Buat Aturan yang Jelas

Membangun bisnis keluarga memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah hubungan yang erat antar anggota keluarga. Namun, hubungan dekat ini tidak dibuat jelas, itu akan merepotkan di masa depan. Misalnya, seorang anggota keluarga A ingin suatu tugas diselesaikan oleh anggota keluarga B, dan seterusnya. Membuat aturan yang jelas sangat penting untuk bisnis apa pun, termasuk dalam bisnis keluarga. Jangan lupa untuk memberikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan anggota keluarga.

2. Bedakan Kepentingan Pribadi/Keluarga dengan Kepentingan Bisnis

Dalam menjalankan bisnis bersama keluarga, Kawan SatuPos harus membedakan antara kepentingan pribadi atau keluarga dan kepentingan bisnis. Kepentingan keluarga atau pribadi tidak dapat digabungkan dengan kepentingan bisnis, karena dapat menyebabkan perpecahan dalam bisnis dan bisnis berisiko bangkrut. SatuPos harus membuat komitmen dengan anggota keluarga untuk tidak mencampuradukkan urusan pribadi dengan urusan bisnis. Dengan begitu, Kawan SatuPos bisa lebih fokus mengembangkan bisnis SatuPos.

3. Siapkan Generasi Penerus

Bisnis keluarga adalah aset yang tidak hanya dimiliki oleh individu tetapi oleh semua anggota keluarga. Tugas Kawan SatuPos sebagai pemilik adalah menyiapkan generasi penerus setelah Kawan SatuPos tidak bisa mengelola bisnis keluarga. Banyak bisnis keluarga yang akhirnya tutup padahal masih memiliki potensi yang cukup besar karena tidak ada yang mau melanjutkan bisnis keluarga tersebut.

4. Menjaga Transparansi Keuangan

Masalah keuangan dalam bisnis keluarga adalah hal yang sensitif. Meski sudah dibagi sesuai perannya masing-masing, masih ada beberapa yang curiga. Untuk itu, transparansi keuangan dalam bisnis keluarga menjadi penting. Sebuah bisnis keluarga harus menciptakan sistem keuangan yang baik dan transparan agar semua anggota keluarga yang terlibat dalam bisnis dapat melihat keadaan bisnis yang dijalankan.

Untuk mempermudah pengelolaan keuangan ini, sobat SatuPos bisa menggunakan software akuntansi dari SatuPos. SatuPos dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Sahabat SatuPos bisa langsung mengunjungi SatuPos disini dan mendapatkan akses gratis selama 14 hari.

5. Pertahankan Komunikasi yang Efektif

Masalah dalam bisnis keluarga sering muncul karena komunikasi yang buruk. Masalah komunikasi yang tidak efektif dan masalah transparansi bisnis inilah yang sering menjadi penyebab hancurnya bisnis keluarga. Untuk itu, segala sesuatu dalam bisnis keluarga harus dikomunikasikan secara terbuka dan efektif agar tidak ada yang disembunyikan di antara anggota keluarga.

Kesimpulan

Bisnis keluarga seringkali dipilih oleh sebagian orang karena alasan tertentu. Sahabat SatuPos juga bisa menjadi salah satu pemilik bisnis keluarga ini dengan ide-ide di atas. Salah satu hal penting dalam bisnis keluarga adalah manajemen keuangan. Sobat SatuPos harus mengelola keuangan dengan baik agar bisnis keluarga bisa berkembang dan menghasilkan keuntungan yang melimpah. Untuk mempermudah mengatur keuangan Anda, Anda bisa menggunakan software akuntansi SatuPos. Ayo daftar SatuPos sekarang juga dan nikmati kemudahan mengatur keuangan dimanapun anda berada.



Terimakasih sudah membaca artikel Bangun Bisnis Keluarga dengan Ide Ini, Siapapun Bisa!

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  Bagaimana membuat rencana dan proposal untuk Usaha Sosial? - PLUS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *