Cegah Sengketa dan Mafia Tanah, Pemerintah Berikan Kemudahan Layanan Digital

by -0 views
80880 ilustrasi hukum - SatuPos.com



80880 ilustrasi hukum - SatuPos.com

SatuPos.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang memberikan kemudahan layanan pertanahan berbasis digital.

Staf Khusus Menteri ATR, Della R. Abdullah mengatakan, layanan berbasis digital ini bertujuan untuk mencegah praktik mafia tanah dan memotong jalur birokrasi yang selama ini banyak ditemui masyarakat.

Layanan pertanahan berbasis digital, Satupos lain Hak Tanggungan Elektronik, Informasi Zona Nilai Tanah, Pengecekan Sertifikat Tanah dan Pembuatan Sertifikat Pendaftaran Tanah hingga layanan Loketku.

“Digitalisasi akan meminimalisir sengketa tanah. Terutama pencegahan praktik mafia tanah, tumpang tindih sertifikat. Dan memotong jalur birokrasi yang selama ini ditemukan banyak orang,” kata Della dalam sosialisasi Program Strategis Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Pangrango Resort, Sukabumi , Jawa barat. .

Baca juga:
Kementerian ATR BPN Ingin Masyarakat Daftarkan Sertifikat Tanah

Kementerian ATR melakukan transformasi digital dalam meningkatkan layanan dan memberikan akses layanan pembuatan sertifikat bagi masyarakat.

Untuk mendukung kinerja dalam mengolah, mengakses, dan mendistribusikan serta melestarikan arsip, Kementerian ATR memanfaatkan teknologi dengan digitalisasi dokumen pertanahan sebagai bagian dari transformasi layanan berbasis online.

“Diharapkan dalam kurun waktu 2023 hingga 2024, dokumen/surat manual sudah diubah ke dalam bentuk digital dan divalidasi,” ujarnya.

Loading...

Kementerian ATR juga akan melakukan kegiatan validasi rekening tanah dengan konsep single sign-on. Hal ini bertujuan untuk mengelola data pegawai tentang penerapan tanda tangan elektronik.

“Yang berguna untuk data kepegawaian adalah pelaksanaan tanda tangan elektronik yang digunakan untuk memberikan persetujuan atau pengesahan dokumen tanah pelaksana hak tanggungan secara elektronik. Secara nasional, untuk membantu memantau, melakukan perbaikan terkait hak tanggungan, pelaksanaan cek elektronik,” kata Della.

Baca juga:
Pembangunan tol Pekanbaru-Bangkinang terhambat ganti rugi, pemerintah melakukan ini

BACA JUGA :  Artis Kuku BLACKPINK Berikan Tampilan Close-Up Dari Seni Kuku "LALISA" Lisa yang Cantik : Berita K-Pop

Kepala Biro Humas Kementerian ATR Yulia Jaya Nirmawati menyadari masih banyak permasalahan lahan yang terjadi. Oleh karena itu, Kementerian ATR membuka saluran pengaduan yang dapat diakses oleh masyarakat, yaitu online dan offline.

Pengaduan dapat disampaikan langsung melalui akun media sosial dengan mencantumkan hastag #TanyaATRBPN bahkan melalui website Lapor.go.id yang dikelola Kementerian PAN RB,” kata Yulia.





Terimakasih sudah membaca artikel Cegah Sengketa dan Mafia Tanah, Pemerintah Berikan Kemudahan Layanan Digital

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *