Gernas BBI 2021 dikatakan relatif lebih baik dari tahun sebelumnya

by -2 views
WhatsApp Image 2021 09 15 at 16.29.53 1 - SatuPos.com



WhatsApp Image 2021 09 15 at 16.29.53 1 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Juru Bicara Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) Wahyu Muryadi menyampaikan kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buat Indonesia (Gernas BBI) 2021 relatif lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Kita masih harus meningkatkan (terkait) partisipasi masyarakat. Tantangannya adalah bagaimana membuat masyarakat menjadi fanatik terhadap produk buatan Indonesia,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Menurut Wahyu, hal ini mungkin karena kurangnya pendidikan selain fakta bahwa pada umumnya masyarakat terlalu bergantung pada produk luar negeri.

Baca juga: Iskido: Gernas BBI Butuh Inovasi Perkuat Pangan Perikanan

Pada tahun 2020, ia mencatat ada beberapa catatan dalam pelaksanaan program #pasarlautindonesia. Di antaranya, pendampingan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) belum intensif karena banyak UMKM yang mengikuti program tersebut.

Kedua, proses naik pesawat diserahkan sepenuhnya kepada startup sehingga banyak UMKM yang tidak memenuhi kriteria dan persyaratan. Selain itu, kendala UMKM terkait penguasaan teknologi informasi dan gadget, pasokan bahan baku, kondisi kesehatan tenaga kerja.

Loading...

Baca juga: Gernas BBI perlu diimbangi dengan dukungan agar UMKM bisa bersaing

Kedepannya, dijelaskan akan ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Gernas BBI 2021.

Satupos lain, fasilitas bagi 90 UMKM untuk mengikuti Pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada 23 – 26 September 2021.

Kemudian, Virtual Exhibition produk unggulan UMKM #pasarlautindonesia yang akan diikuti 90 UMKM unggulan yang akan digelar pada Oktober 2021.

Wartawan: M Baqir Idrus Alatas
Redaktur: Heru Dwi Suryatmojo
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Gernas BBI 2021 dikatakan relatif lebih baik dari tahun sebelumnya

dari SatuPos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *