Irigasi Kunci Sukses Budidaya Pertanian di Ponorogo

by -1 views
25422 jaringan irigasi yang dibangun kementerian pupr di jambi - SatuPos.com



25422 jaringan irigasi yang dibangun kementerian pupr di jambi - SatuPos.com

SatuPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Jokowi berharap bendungan itu bisa digunakan untuk menyambung ke seluruh jaringan irigasi yang ada, sehingga bisa membantu petani. Tidak dapat dipungkiri bahwa irigasi merupakan kunci keberhasilan pembangunan budidaya pertanian khususnya di Kabupaten Ponorogo.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan dalam memenuhi kebutuhan air bagi tanaman yang diperoleh dari air hujan, sistem irigasi atau sumber air permukaan menjadi solusinya.

“Air merupakan kebutuhan pokok yang keberadaannya tidak dapat dihindarkan. Air sangat penting bagi petani dalam mengembangkan budidaya pertaniannya,” kata Menteri Pertanian SYL.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil menjelaskan, keberadaan irigasi pertanian membuat petani tidak khawatir meski sudah memasuki musim kemarau. Karena irigasi akan mensuplai air, sehingga produktivitas pertanian tetap terjaga.

Baca juga:
Presiden Jokowi Pastikan Persyaratan KUR Pertanian Lebih Mudah

“Irigasi merupakan program strategis dalam rangka pengairan lahan. Pengairan untuk irigasi pertanian harus berjalan dengan baik, karena pertanian tidak boleh terganggu oleh faktor apapun,” ujarnya.

Ia mengatakan, keberadaan air merupakan faktor penting bagi keberlangsungan sektor pertanian. Air mampu meningkatkan Indeks Tanaman (IP) petani. Adanya irigasi juga menjadi faktor penting bagi petani untuk meningkatkan produktivitasnya. Ada tiga aspek dari keberadaan irigasi pertanian ini, yaitu produktivitas, peningkatan Indeks Tanaman (IP) pertanian dan peningkatan kesejahteraan petani.

Loading...

“Kenapa demikian, karena irigasi memberikan pasokan air yang stabil ke sawah, sehingga pengembangan budidaya padi bagi petani berjalan dengan baik,” kata Ali.

Ali menjelaskan, irigasi adalah pengelolaan air. Irigasi berfungsi untuk mengatur air, baik air hujan maupun air tanah. Irigasi tidak hanya dapat digunakan untuk mengairi lahan di persawahan, tetapi juga untuk menunjang kegiatan lainnya.

BACA JUGA :  Senin pagi rupiah melemah 20 poin

“Kami berharap irigasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendukung peningkatan pendapatan petani,” ujarnya.

Baca juga:
Presiden Jokowi Minta Syarat Kredit Usaha Rakyat Untuk Petani Dipermudah

Direktur Irigasi Pertanian Ditjen PSP Kementerian Pertanian, Rahmanto menjelaskan, irigasi pertanian diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, tidak hanya untuk sektor tanaman pangan, tetapi juga untuk sektor hortikultura, perkebunan dan peternakan.





Terimakasih sudah membaca artikel Irigasi Kunci Sukses Budidaya Pertanian di Ponorogo

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *