Klarifikasi Jusuf Hamka Usai Maraknya Pengakuan Diperas Bank Syariah Rp 20 Miliar

by -1 views
19066 jusuf hamka - SatuPos.com



19066 jusuf hamka - SatuPos.com

SatuPos.com – Pengusaha sekaligus pimpinan perusahaan konstruksi PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) Jusuf Hamka mengklarifikasi pernyataannya terkait perbankan syariah yang viral dan santer diberitakan di media massa beberapa hari ini.

“Saya mohon maaf kepada semua pihak bahwa saya tidak bermaksud menuduh atau mendiskreditkan perbankan syariah yang kejam. Pernyataan tentang perbankan syariah yang digambarkan sebagai “kejam” dalam berita itu merupakan respons spontan saya atas pertanyaan wartawan dan pertanyaan dari pembawa acara. dari podcast YouTube,” kata Jusuf. dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (25/7/2021).

Ia mengatakan mendukung penuh perbankan syariah dan saat ini menggunakan pembiayaan dari bank syariah untuk pembangunan infrastruktur jalan tol di Bandung, Jawa Barat, dan perseroan juga akan mendapatkan fasilitas pembiayaan perbankan syariah untuk proyek infrastruktur jalan tol lainnya yang nilainya cukup besar.

“Masalah yang terjadi sebenarnya bukan terkait sistem dan perbankan syariah, tetapi terkait hubungan nasabah dengan bank dimana terjadi proses negosiasi dalam penyelesaian kewajiban pembiayaan yang belum disepakati antara kami sebagai nasabah dengan sindikasi syariah. bank yang terdiri dari beberapa bank syariah,” kata Jusuf.

Baca juga:
Pengakuan Mengejutkan Diperas Bank Syariah Rp 20 Miliar, OJK Akan Panggil Jusuf Hamka

Jusuf menyampaikan permasalahan tersebut terkait dengan percepatan pelunasan pembiayaan sindikasi dari bank syariah, dimana terdapat perbedaan persepsi dan perhitungan kewajiban pelunasan antara pihaknya dengan bank sindikasi.

“Sebenarnya pihak kami dan sindikasi bank syariah telah melakukan beberapa kali pertemuan dan mencapai kesepakatan dalam beberapa hal, namun masih ada hal-hal yang belum disepakati dari kami,” kata Jusuf.

Loading...

Jusuf menambahkan, pembiayaan tersebut disalurkan oleh sindikasi tujuh bank syariah kepada PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) pada 2016. PT CMLJ mendapat fasilitas pembiayaan sindikasi sebesar Rp. 834 miliar, dengan akad pembiayaan Al Murabahah atau akad pembiayaan jual beli dengan indikasi imbal hasil atau margin ekuivalen 11% dengan tenor 14 tahun atau 168 bulan), untuk proyek pembangunan Soreang-Pasirkoja Bandung (Soroja) Jalan tol.

BACA JUGA :  BEI memenangkan The Best Islamic Capital Market tiga kali berturut-turut

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan akan memanggil pengusaha Jusuf Hamka untuk mengklarifikasi pernyataannya terkait perbankan syariah di media massa.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, pemanggilan tersebut sesuai dengan tugas OJK untuk melindungi konsumen di sektor jasa keuangan.

Baca juga:
Babah Alun: Tidak benar ada barisan jenazah terpapar Covid-19

Menurut dia, pemanggilan Jusuf Hamka akan segera dilakukan, agar masalah tidak berlarut-larut dan menimbulkan citra buruk bagi perbankan domestik, khususnya perbankan syariah. (Sumber: Di antara)





Terimakasih sudah membaca artikel Klarifikasi Jusuf Hamka Usai Maraknya Pengakuan Diperas Bank Syariah Rp 20 Miliar

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *