Mentan Syahrul Yasin Limpo Observasi Langsung Panen Cempe di Kaltara

by -0 views
97765 kementan - SatuPos.com



97765 kementan - SatuPos.com

SatuPos.com – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meninjau kegiatan panen Cempe Kambing Boer berumur 4 bulan di Peternakan Bulungan Mandiri, Kalimantan Utara. Di sana ia langsung memantau proses perkawinan silang hingga proses penjualan.

Pria yang akrab disapa SYL ini mengatakan, Kaltara sebagai tempat produksi kambing cempe memiliki potensi dan peluang yang cukup besar, terutama dalam memenuhi pasar ekspor ke negara-negara di Asia.

“Oleh karena itu, saya berharap Forkopimda dan juga para bupati sama-sama memaksimalkan lahan pertanian yang ada untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” kata SYL, Sabtu (9/11/2021).

SYL menuturkan, Kaltara selama ini memiliki lahan yang subur dan potensi ekspor yang besar. Di sana, peternakan dan perkebunan dapat diintegrasikan secara bersamaan dengan tanaman pangan dan produk olahannya.

Baca juga:
Diminati 16 Negara, Mentan Dorong Sarang Burung Walet Kalbar Jadi Komoditas Ekspor Unggulan

“Oleh karena itu, mohon disiapkan Gubernur, Bupati, Kepala Dinas dan seluruh Dirjen agar konsep integrasi ini dapat dikembangkan dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, SYL berharap petani dan pelaku usaha lainnya mampu menyerap anggaran untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian yang saat ini bernilai Rp 70 triliun. Uang sebanyak itu bisa digunakan dan diakses untuk modal wirausaha.

Loading...

“Program KUR merupakan wujud kehadiran negara untuk mensejahterakan petani. Program ini menjadi perhatian Presiden agar benar-benar dapat dijadikan sebagai kekuatan baru bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Paliwang, mengucapkan terima kasih atas kunjungan SYL ke wilayah kerjanya. Menurut Zainal, Kaltara sebagai provinsi penyangga memiliki potensi besar bagi sektor pertanian dan peternakan Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran langsung Pak Menteri beserta rombongan yang sudah lama kita nantikan. Bapak Menteri yang terhormat, perlu kami sampaikan bahwa daerah kita memiliki peluang dan potensi yang luar biasa khususnya di subsektor peternakan, ” pungkasnya.

BACA JUGA :  Synology C2 Transfer: Solusi Berbagi File Aman untuk Bisnis

Baca juga:
Kopi Sumsel Ekspor ke Mesir, PPI Ekspor 100 Ton Kopi





Terimakasih sudah membaca artikel Mentan Syahrul Yasin Limpo Observasi Langsung Panen Cempe di Kaltara

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *