Iwan Fals: Album “Pun Aku” penuh kehangatan dan kenangan

by -0 views
antarafoto launching album baru iwan fals 150419 ysw 3 - SatuPos.com



antarafoto launching album baru iwan fals 150419 ysw 3 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Terasa hangat, saat musisi Iwan Fals menggambarkan album “Pun Aku” yang dirilis bersamaan dengan ulang tahunnya pada 3 September 2021.

Tak bisa dipungkiri, album yang terdiri dari 12 lagu ini sangat berkesan bagi Iwan. Selain diproduseri oleh anaknya sendiri, Cikal Rambu, “Pun Aku” juga melibatkan banyak talenta musik lintas generasi dan genre.

Baca juga: Kisah Iwan Fals Tentang Pandemi, Frustasi Sampai Kobarkan Semangat

“Yang paling berkesan buat saya itu produksi anak saya sendiri, lalu anak saya juga main drum, Raya. Bagi saya ini hangat, luar biasa, Tuhan memberi saya kesempatan untuk bekerja sama, dan terus bertemu yang baik. bakat,” kata Iwan saat ditemui Satupos belum lama ini.

Pelantun “Congratulations” itu mengaku tak pernah menyangka Cikal punya bakat sebagai produser musik. Iwan mengatakan selama ini putrinya tidak pernah menunjukkan minat pada musik.

Namun, saat menangani album “Pun Aku”, Cikal bisa bekerja dengan sangat profesional. Dari pemilihan lagu hingga pengaturan jadwal rekaman dibuat sangat teratur.

“Saya juga kaget Cikal jadi produser saya, dia diam-diam di depan saya, dia enggak mau main musik atau nyanyi, enggak mau dia. Jadi waktu jadi produser awalnya kaget,” kata pelantun “16/01”.

“Terbukti dari Jadwal dia, di rekaman itu benar, tepat waktu, dia punya pola sendiri untuk bekerja. Luar biasa juga, jika saya tidak memiliki pola. Dulu teratur tapi teratur dalam ketidakteraturan,” tambahnya.

Baca juga: Suara Misterius di Google Maps Hingga Kisah Iwan Fals Tentang Pandemi

Proses pembuatan
Album “Pun Aku” memang membawa banyak nama untuk berkolaborasi seperti Danilla, Nadin Amizah, NonaRia, Sandrayati Fay dan Rara Sekar. Tampil pula Maizura, Zara Leola, Shakira Jasmine, Regina Poetiray, Rheno Poetiray, Difki Khalif dan Stevan Pasaribu sebagai penyanyi latar lagu “Kabar Aroma Tanah”.

BACA JUGA :  PPKM Bikin Pipi Iis Dahlia Gemuk

Hampir semua kolaborator di album “Pun Aku” adalah perempuan. Meski demikian, Iwan mengaku tidak memiliki persoalan khusus yang ingin diangkatnya dengan menggandeng para perempuan tersebut.

Loading...

Menurut Iwan, pemilihan nama-nama di atas muncul begitu saja. Namun yang membuatnya tertarik adalah mereka memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

“Kebetulan mereka cukup tertarik dengan dunia musik dan serius memilih musik sebagai jalan hidup dan mereka punya banyak pendapat tentang apa saja seperti Sandrayati tentang masalah adat, Rara Sekar tentang masalah tenaga kerja, Danilla tentang binatang, Nadin Amizah, Bu Ria yang seorang guru.-guru musik yang canggih,” kata Iwan.

Album “Pun Aku” dibuka dengan lagu “Pun”, “Selamat”, “A Tile”, “Siapa Bilang Cinta Itu Menyakitkan”, “Bunga Kayu”, “Karbar Aroma Tanah”, “Penghibur Hati”, “Untukmu “, ” Patah”, “16/01”, “Merah Putih” dan ditutup dengan “Aku”.

Iwan mengatakan, dari 12 lagu tersebut, ada yang liriknya baru digubah dan ada juga yang sudah lama tersimpan. Ia mengatakan bahwa lagu yang paling cepat dibuat adalah “Pun” dan “Aku”, meskipun pada awalnya lirik lagu tersebut tidak dinyanyikan.

Sebagai pembukaan dan penutupan album, “Pun” dan “I” dimaksudkan untuk dibaca saja. Namun ketika dinyanyikan, hasilnya di luar dugaan dan disetujui oleh produser, Cikal dan Lafa Pratomo.

“Seharusnya saya baca, tapi di tengah membaca kok saya terstimulasi untuk nyanyi. Itu ‘Pun’, saya nyanyikan saja. Kata Cikal dan Lafa, tidak apa-apa. Begitu juga dengan lagu penutup ‘Aku’. , harus dibaca juga sebagai cover album. Tapi di tengah jalan, saya sudah ingin menyanyikannya, mereka senang,” kata Iwan.

Seluruh proses perekaman dilakukan selama pandemi COVID-19, meski penuh dengan keterbatasan. Iwan mengaku tidak ada masalah. Ke-12 lagu dalam “Pun Aku” direkam di studio Iwan di rumahnya dan di Musica Studio. Selama bekerja, baik Iwan, kolaborator maupun krunya menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA :  Rio Reifan dan Henny Mona Damai, Lesti Kejora Bikin Nagita Shock

Baca juga: Dari Iwan Fals Hingga Eko Yuli Irawan Rayakan HUT RRI ke-76

Baca juga: Penerangan Obor Tri Prasetya Peringati HUT ke-76 RRI

Oleh Maria Cicilia
Redaktur: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Iwan Fals: Album “Pun Aku” penuh kehangatan dan kenangan

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *