Kopi Indonesia Sedunia – El Samara Coworking Space

by -5 views
00251136s4 - SatuPos.com


Kopi merupakan salah satu komoditas yang menjanjikan bagi Indonesia. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi dengan kualitas terbaik sekaligus penghasil kopi terbesar di dunia. Cita rasanya yang khas tidak dapat ditemukan pada jenis kopi lainnya. Kopi yang dimiliki oleh Indonesia dinilai sudah terkenal hingga ke kancah global karena cita rasanya yang khas.

Kopi yang diekspor ke luar negeri berhasil menjadi primadona pecinta kopi dunia. Dari ribuan jenis kopi asli Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, 7 jenis kopi ini telah berhasil mendunia.

1. Kopi Toraja

Kopi Indonesia Sedunia - Kopi Toraja

Kopi Toraja dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di pegunungan Toraja. Tanah tersebut dikenal sangat baik dan subur untuk pertumbuhan tanaman kopi. Ada dua jenis kopi terbaik dunia yang diproduksi di daerah ini, yaitu Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta.

Perbedaan kedua jenis kopi ini terletak pada kandungan kafein yang dihasilkan pada masing-masing jenis kopi Toraja. Kopi ini memiliki rasa asam yang tinggi. Selain itu, ciri utama kopi Toraja adalah memiliki rasa unsur tanah yang unik dan khas.

2. Kopi Kintamani

Kopi Indonesia Sedunia - Kopi Kintamani

Kopi Kintamani merupakan salah satu jenis kopi yang tumbuh subur di pulau Bali. Biasanya pohon kopi ditanam di dekat Gunung Batur. Kopi Kintamani memiliki tekstur rasa yang segar bercampur dengan rasa asam yang khas. Hal ini disebabkan sistem penanaman biji kopi yang dicampur dengan berbagai sayuran atau yang biasa dikenal dengan sistem tumpang sari. Aroma kopinya kuat dan rasanya tidak terlalu pahit.

3. Kopi Aceh

39469308 de0d3968 39a6 4c0e 88d2 5dcb38c3e858 700 700 - SatuPos.com

Salah satu varian kopi yang terkenal dari daerah ini adalah Kopi Aceh Gayo yang diproduksi di dataran tinggi Gayo. Perkebunan kopi di daerah tersebut rata-rata berada pada ketinggian 1.200 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut. Kopi gayo merupakan jenis kopi arabika yang memiliki tekstur rasa seperti rempah-rempah.

Loading...

4. Kopi Sumatera

2333852 9e28ee90 c9f2 42d9 8e0e 43250a197549 - SatuPos.com

Kopi ini tumbuh di daerah Sumatera dengan cita rasa yang sangat unik membuat banyak orang jatuh hati dan menjadi ketagihan. Tekstur rasanya halus dengan rasa kakao atau tembakau. Beberapa jenis kopi yang cukup terkenal adalah kopi Mandailing dan kopi Lintong. Bahkan, kopi jenis ini menjadi produk paling laris yang dijual oleh salah satu gerai kopi modern, yaitu Starbucks.

5. Kopi Jawa Barat

7510384 210b29e8 4b27 4796 86d8 f5cd4de7b027 - SatuPos.com

Kopi Jawa Barat merupakan perpaduan dari berbagai jenis biji kopi yang tumbuh di daerah Jawa Barat. Ada kopi Malabar, Pangalengan, dan daerah penghasil kopi lainnya yang biji kopinya kemudian dipasarkan dengan nama Jawa Barat. Sebagian besar kopi yang dihasilkan di Jawa Barat adalah kopi Arabika. Karakternya cenderung manis dan memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi.

6. Fotokopi Bunga

00251136s4 1 - SatuPos.com

Kopi ini bisa tumbuh subur karena tumbuh di dataran tinggi dan didukung dengan adanya abu vulkanik dari gunung berapi yang menyuburkan tanah di daerah tersebut. Salah satu jenis kopi yang sudah banyak dikenal oleh pecinta kopi di seluruh dunia adalah Kopi Flores Bajawa. Karakter kopi ini adalah memiliki tekstur rasa yang kaya buah-buahan dan ada sedikit rasa tembakau di dalamnya setelah rasa-nya. Tubuhtebal dengan keasaman keseimbangan menciptakan kesenangannya sendiri.

7. Kopi Papua Wamena

325746084 da8951ab 155c 48aa 9ee3 ef1f2927f755 1040 1040 - SatuPos.com

Kopi asal Indonesia Timur ini merupakan kopi organik yang masih mengandalkan kesuburan tanah dari Gunung Jayawijaya. Aroma yang dihasilkan berwarna coklat dan floral yang cukup harum, media tubuh, rasa manis sedang, dan keasaman rendah. Selain itu, jenis ini juga menghasilkan catatan rasa cenderung arthy dengan sensasi herbal dan aftertaste yang merasa berasap. Rasa kopi Papua Wamena sangat unik karena jarang ada kopi Indonesia yang memiliki sensasi floral.



Terimakasih sudah membaca artikel Kopi Indonesia Sedunia – El Samara Coworking Space

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  Resep GNOCCHI Gordon Ramsay, Kebaikan Buatan Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *