makanan sehat dan bebas gluten di Palembang, ini rekomendasinya

by -4 views
makanan sehat scaled - SatuPos.com


makanan sehat
Makanan Sehat di Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Tren makanan sehat menjadi prioritas utama masyarakat sejak pandemi Covid-19. Meski tak memungkiri makanan lezat dan kekinian, tetap memberikan daya tarik yang menggiurkan.

Beberapa teman kita misalnya, terkadang mengupdate story di akun media sosialnya tentang makanan sehat yang mereka konsumsi. Ada yang mengaku terinspirasi dari selebritas yang menjalani hidup sehat, ada pula yang mengaku baru mencoba.

Sejak pandemi, popularitas makanan sehat memang meningkat. Sebab, masyarakat mulai mengutamakan kandungan gizi yang dikonsumsi. Pandemi COVID-19 mengharuskan kita untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein, biasanya protein terdapat pada telur, ikan, ayam dan daging merah (sapi, kambing, domba dan kerbau).

Kandungan protein memang menjadi bahan makanan yang dibutuhkan tubuh manusia. Namun, ada juga protein yang dihindari demi kesehatan, yaitu gluten atau protein yang berasal dari tepung terigu. Mereka yang diet biasanya tidak makan gluten, serta orang yang menderita sejumlah penyakit, seperti asam lambung juga disarankan untuk menghindari makanan yang terbuat dari tepung terigu.

Bagi masyarakat Palembang yang menghindari makanan tidak sehat, tentu tidak sulit mendapatkan makanan yang kaya protein dan bebas gluten. Karena makanan khas Palembang ini kebanyakan terbuat dari olahan daging ikan dan tepung tapioka yang notabene terbuat dari olahan singkong atau sagu.

Makan makanan seperti lenggang, otak-otak dan pempek bakar bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin makan enak dan tetap sehat. Ketiga makanan ini juga diproses dengan cara dipanggang sehingga tidak menggunakan proses penggorengan dalam pematangannya.

Eits hampir lupa sebelum saya mengulas ketiga makanan diatas, di palembang juga ada minuman yang terbuat dari kacang merah atau biasa disebut es kacang merah. Berdasarkan sejumlah literatur terpercaya, kandungan protein nabati juga terdapat pada kacang merah ini lho, jadi selain enak, kacang ini juga mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

Kacang merah mengandung sejumlah nutrisi mulai dari protein, serat, vitamin C, vitamin B, folat dan mineral termasuk kalium, magnesium, fosfor, zat besi dan seng serta kalsium.

Begitu banyak nutrisi yang terkandung dalam kacang merah, kita layak memilih untuk dikonsumsi secara rutin agar bisa merasakan manfaatnya.

Review Makanan Sehat Palembang

  1. Pempek Lenggang
lenggang - SatuPos.com
Makanan Sehat di Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Sama seperti pempek pada umumnya, bahan utama pembuatan lenggang adalah daging ikan giling dan tepung tapioka, umumnya ikan yang digunakan adalah ikan gabus. Proses memasaknya dilakukan dengan memanggang adonan yang sudah menyatu dengan tambahan telur ayam atau bebek. Selanjutnya adonan yang sudah dimasukan ke dalam daun pisang tersebut dipanggang hingga matang, proses pematangan biasanya dilakukan dengan cara memanggang keempat sisinya hingga benar-benar matang.

Setidaknya membutuhkan waktu 30 menit untuk menghasilkan pempek lenggang yang matang sempurna dan siap disantap dengan cuko atau sambal manis pedas yang terbuat dari cabai, asam jawa, gula merah dan bawang putih.

2. Otak

otak otak - SatuPos.com
Makanan Sehat di Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Makanan yang satu ini, sebenarnya sangat terkenal di seluruh nusantara, karena setiap daerah sering memiliki olahan makanan dari ikan ini. Bedanya, di daerah lain otaknya biasanya dibuat dari daging ikan laut, sedangkan di Palembang biasa menggunakan ikan gabus.

Ikan gabus oya banyak digunakan di Palembang karena ikan air tawar ini biasanya hidup di sungai-sungai dan Sumatera Selatan memiliki sembilan sungai besar yang bermuara di Sungai Musi. Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang hidup liar di sungai.

Loading...

Oleh karena itu, tidak heran jika pada musim kemarau stok ikan gabus biasanya banyak dan dijual dengan harga yang cenderung murah, hanya Rp. 30 ribu per kilogram sedangkan dagingnya Rp. 50 ribu per kilogram, namun jika menjelang lebaran atau saat stok ikan menipis, harganya bisa mencapai Rp. .

Wah, cerita ikan gabus tidak hanya tinggi protein tapi juga mengandung albumin atau zat tinggi yang bisa mempercepat penyembuhan pasca operasi. Kembali ke kuliner sehat otak-otak lagi ya, makanan ini biasanya terbuat dari daging ikan gabus giling yang ditambahkan sedikit tapioka dan campuran bumbu seperti santan, bawang putih dan bawang merah. Pematangan juga dilakukan dengan cara dipanggang, namun sebelumnya dibungkus dengan daun pisang seukuran jari telunjuk.

Proses pematangannya lebih cepat dari pempek lenggang, dan biasanya dijual mulai dari Rp. 2.000 dan saat menikmatinya biasanya dicelupkan ke dalam kuah kacang atau cuko merah yang sedikit berbeda dengan cuko biasa, namun di Palembang umumnya masih menggunakan cuko pempek untuk menikmati makanan kaya protein ini.

3. Pempek Panggang

pempek panggang - SatuPos.com
Makanan Sehat di Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Makanan ini diolah secara dadakan, dimana ketika adonan sudah jadi langsung dibulatkan dan dipanggang. Biasanya proses memasak memakan waktu sekitar 15 menit, setelah matang penjual akan membelah bagian tengahnya agar tidak pecah kemudian mengisinya dengan campuran udang rebon yang sudah disangrai dan dihaluskan, ditambah sambal dan kecap.

4. Kacang Merah

makanan sehat 1 - SatuPos.com
Makanan Sehat di Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Sebenarnya karena kepopuleran es kacang merah buatan penjual es di kawasan Lapangan Hatta Palembang, maka jenis es ini biasa disebut es mamad, padahal banyak juga penjual es kacang merah lainnya yang juga menawarkan es kacang merah, baik membuka gerobak , di warung pempek atau rumah makan terkenal di Kota Palembang.

Es ini biasanya berisi kacang merah yang sudah direbus sampai empuk dengan gula aren, ditambah SKM, sirup cocopandan, dan es serut. Makan atau minum es memang enak saat hari panas dan lapar, karena meski disebut es, menikmati minuman ini juga mengenyangkan.

Bagi yang sedang berada di Palembang, bisa banget mencicipi makanan sehat yang satu ini. Tapi buat teman-teman makan di luar Palembang nanti setelah pandemi selesai jangan lupa berkunjung ke Palembang ya? Soalnya, makanan yang disebutkan di atas jarang dijual secara online untuk dikirim ke luar Palembang.

(PEN/NILA)

Pesan Makan Sekarang Spanduk



Terimakasih sudah membaca artikel makanan sehat dan bebas gluten di Palembang, ini rekomendasinya

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  Sorotan Buku Favorit Tentang Edukasi Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *