Rekomendasi Makanan Palembang untuk Makan Siang

by -9 views
rekomendasi makanan khas palembang - SatuPos.com


Rekomendasi-makanan-khas-palembang
Sate Manis Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Sate merupakan rekomendasi makanan khas Indonesia yang sudah dikenal luas, baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara. Ada juga banyak jenis sate, di antaranya Sate Padang, Sate Madura, dan Sate Maranggi. Nah, ada lagi sate khas Palembang, namanya Sate Manis Palembang. Sate ini merupakan rekomendasi makanan khas Palembang yang cocok untuk makan siang.

Sebelum membahas tentang rasa Sate Manis Palembang ini, saya ingin mengulas sedikit tentang satenya. Dimana jajanan ini memiliki ciri khas daging yang ditusuk dengan lidi. Daging yang digunakan bisa daging sapi, ayam, atau daging pilihan lainnya.

Pengolahannya juga bertahap. Biasanya dimulai dengan mengasinkan daging dan kemudian memanggangnya. Tak heran jika banyak sate di beberapa daerah di Indonesia yang dikenal memiliki cita rasa yang khas dan bumbu yang juga nikmat.

Sate Manis Palembang sebenarnya mirip dengan Sate Maranggi khas Purwakarta. Bedanya, Sate Maranggi tidak hanya berbahan dasar daging sapi, tapi juga ada pilihan lain, yakni ayam dan kambing. Sedangkan Sate Manis Palembang hanya menggunakan daging sapi.

Intip Proses Pembuatan Sate Manis Palembang

WhatsApp Image 2021 07 08 at 13.57.15 - SatuPos.com
Sate Manis Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Dalam proses pembuatan daging sapi, bagian dalam daging sapi direndam terlebih dahulu hingga bumbu meresap. Bumbu yang digunakan adalah campuran bawang putih dan bawang merah ditambah bubuk ketumbar.

Setelah proses marinade selesai, sate bisa langsung dipanggang di atas bara api yang biasanya arang kayu atau batok kelapa. Proses pematangan daging sapi ini, biasanya menimbulkan sensasi tersendiri bagi penikmat sate yang menyantap langsung di restoran yang menawarkan menu tersebut.

Asap dari daging sapi panggang terasa lebih kental, tetapi membuat perut Anda semakin keroncongan saat menunggu makan siang.

Dalam penyajiannya, sate manis menambahkan sedikit tambahan saus manis saat dimasak, sausnya adalah campuran asam, kecap dan ketumbar.

Cocok untuk Semua Usia

Rekomendasi makanan khas Palembang ini cocok untuk semua kalangan. Jika sate berbahan dasar daging kambing, mungkin tidak semua orang menyukainya. Ada sebagian orang yang sangat tidak suka makan daging kambing. Namun, jika satenya terbuat dari daging sapi, siapa yang tidak tergiur untuk memakannya. Bagian memiliki adalah daging sapi yang paling enak dan lebih lembut dan rasanya lebih gurih.

WhatsApp Image 2021 07 08 at 13.57.16 1 - SatuPos.com
Sate Manis Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Seperti namanya, Sate Manis Palembang ini memang memiliki rasa yang manis namun bumbu yang meresap menimbulkan rasa gurih yang juga dominan. Sehingga menghasilkan kombinasi yang pas untuk disantap saat lapar.

Anak-anak juga menyukai sate manis karena rasanya yang pas di lidah atau bagi orang yang tidak menyukai rasa pedas.

Sayangnya, penjual makanan khas Palembang ini tidak sebanyak makanan atau minuman yang viral saat ini. Bisa dihitung dengan jari restoran mana saja yang menawarkan sate manis.

Oh iya, biasanya pedagang Sate Manis buka di siang hari karena sate ini jadi rekomendasi makan siang warga Palembang. Berbeda mungkin dengan sate biasa. Terkadang ada yang buka dari pagi hingga malam, ada juga sate yang buka dari sore hingga malam. Sate manis spesial, hanya buka untuk menu makan siang.

Berikut saya coba rekomendasikan beberapa lokasi yang menyajikan makanan khas Palembang

Loading...

RM Pindang Sederhana

Warung yang terletak persis di sebelah Kantor Walikota Palembang ini menjadi salah satu destinasi favorit para penggemar sate manis untuk menikmati olahan daging khas ini. Di kedai ini, penjual menawarkan sate manis sebagai salah satu menu andalan.

Sate manis di warung yang biasanya menjadi langganan pejabat Pemkot Palembang ini menyediakan sate dengan harga mulai dari Rp. 30 ribu per porsi dengan 10 tusuk sate. Selain sate manis, warung ini juga menyediakan aneka pindang, mulai dari ikan pindang, lele, baung dan tulang sapi. Ada juga berbagai macam ayam goreng, pasta ikan tempoyak dan lalapan, seperti temupo, petai, jengkol, dan aneka sayur rebus.

Warung Sate Manis Hebat

Tak kalah dengan warung sate di sebelah Kantor Walikota Palembang, warung Pindang yang terletak tidak jauh dari Kantor Gubernur Sumatera Selatan ini juga menawarkan sate manis.

Sate manis di sini tentu rasanya mirip dengan sate manis di tempat lain karena yang palsunya sama. Hanya saja, bagi yang menyukai tekstur yang lebih lembut, bisa memilih untuk memesan sate di sini. Jaraknya, hanya sekitar 100 meter dari kantor gubernur.

Sama dengan warung sate lainnya, tidak hanya menyediakan sate manis, pengelola toko juga menawarkan pindang yaitu pindang lele dan pindang tulang sapi. Kami hanya ingin makan sate manis, atau ingin makan pindang atau ingin makan kedua menu tersebut. Tapi bagi yang tidak suka makan menu pindang, bisa minta kuahnya sebagai pelengkap sate manis.

Warung Sate Manis Wak Din 7 Ulu

Menurut informasi, sate manis di kawasan Seberang Ulu ini sudah ada jauh sebelum Jembatan Ampera dibangun atau di awal tahun 1960-an. Warung sate manis ini menawarkan rasa sate manis yang berbeda dari dua tempat yang saya bahas di atas. Apa perbedaannya?

Sate manis Warung Wak Din menyajikan sate dengan potongan daging yang besar sekitar tiga kali lebih besar dari sate lainnya. Saat kita menggigit sate manis ini, kita

Anda juga akan merasakan sesuatu yang berbeda yaitu ada tambahan parutan kepala saat proses marinating.

Cara makannya pun tidak jauh berbeda. Biasanya, menyantap sate ini dengan tambahan seporsi nasi hangat. Menariknya, ada tambahan saus nanas manis dan sedikit pedas yang membuat makan siang semakin menggugah selera.

Terakhir, bila ingin menikmati sate manis khas Palembang, jangan coba-coba mencarinya pada malam hari, karena penjualnya biasanya hanya buka hingga sore hari. Atau sampai semua bahan jualan habis.

(PEN/NILA)

Pesan Makan Sekarang Spanduk



Terimakasih sudah membaca artikel Rekomendasi Makanan Palembang untuk Makan Siang

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  Camilan Sore Enak dari Bang Jay's Toast Harus Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *