Teh Kampung: Kearifan Lokal Teh Lemon

by -2 views
teh kampul - SatuPos.com


Tahukah Anda minuman apa yang cocok diminum di segala musim? Jawabannya adalah teh. Minuman sejuta orang tidak diragukan lagi, popularitasnya adalah yang kedua setelah kopi. Setiap orang pasti pernah mencicipi es teh atau teh panas. Tapi apakah Anda pernah mencoba teh kampul? Hei, jangan bingung. Teh kampul adalah minuman yang memadukan teh dengan irisan jeruk nipis atau perasan jeruk.

Teh Kampung: Teh Lemon Dengan Kearifan Lokal

Jika dilihat dari tampilannya sekilas mirip dengan lemon tea, namun jeruk yang digunakan berbeda. Saat dicicipi rasanya beda. Teh lemon memiliki kombinasi rasa manis dan asam dari jus jeruk. Sementara itu, teh kampul cenderung memiliki rasa yang astringen, dari teh hitam pekat dicampur jeruk dan manis dari gula.

Sejarah

Nama kampung sendiri artinya terapung, disinilah ciri khas dari minuman ini karena jeruknya tidak hanya diperas tapi irisannya juga disertakan dalam penyajiannya. Teh kampul ini bisa disajikan hangat atau dingin. Anda dapat menemukan teh kampul dengan mudah jika Anda berada di daerah Solo atau Jogja. Minuman ini banyak dijumpai di warung-warung yang menjual nasi kucing atau wedangan.

Ada filosofi menarik dari kesegaran minuman ini. Dalam satu gelas terdiri dari teh panas dengan rasa astringen, jeruk nipis, kemudian ditambah dengan manisnya gula. Semua rasa menyatu menjadi satu dalam satu gelas. Minuman ini juga sangat cocok dinikmati sambil duduk atau hang out bersama teman-teman. Dari situ, masyarakat akhirnya melestarikan kebiasaan meminum minuman khas Jawa Tengah ini.

Loading...

Resep Teh Kampung

Jika Anda ingin mencoba sensasi teh kampul tapi posisi Anda bukan di Jawa Tengah atau Jogja, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah teh, air panas, jeruk, dan gula. Anda bisa menggunakan teh yang diseduh dari daun atau teh celup sesuai selera. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyeduh teh dengan air panas. Kemudian tuangkan ke dalam gelas. Iris tipis 2 atau 3 jeruk. Masukkan irisan jeruk ke dalam segelas teh. Tambahkan gula ke dalam campuran, lalu aduk. Jika ingin minum dingin, tambahkan es batu.



Terimakasih sudah membaca artikel Teh Kampung: Kearifan Lokal Teh Lemon

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

BACA JUGA :  7 Ulasan Blender Terbaik Terjangkau dan Tahan Lama [Tips Membeli Dan Harga]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *