4 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan Melalui Media Sosial

by -1 views
53962 ilustrasi media sosial unsplashatdole777 - SatuPos.com



53962 ilustrasi media sosial unsplashatdole777 - SatuPos.com

SatuPos.com – Tak sedikit orang yang mencari penghasilan tambahan di tengah pandemi ini. Dan kabar baiknya, di zaman sekarang ini dimana teknologi berkembang sangat pesat, mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara yang halal bukanlah hal yang sulit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan media sosial, khususnya Instagram. Mengapa Instagram?

berdasarkan Laporan Data (2021), Instagram merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, dimana 86,6%
masyarakat Indonesia berusia 16-64 tahun menggunakan Instagram.

Selain itu, menurut sebuah perusahaan riset pemasaran Ipsos (2018), 81% pengguna Instagram menggunakannya untuk mempelajari lebih lanjut
lebih lanjut tentang merek atau bisnis yang mereka sukai. Selanjutnya, 76% pengguna Instagram akan membeli dari suatu merek setelah menemukannya di Instagram, baik merek lokal maupun internasional.

Baca juga:
Ditipu Google Maps, Mobil Terjebak Turunan Hingga Bikin Warga Intervensi

Penasaran apa saja yang bisa kamu lakukan di Instagram untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Informasi dari Allianz Indonesia di bawah ini menarik untuk dibaca.

Sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah dan masyarakat umum, Allianz Indonesia menggelar rangkaian kegiatan bertema Cinta Keluarga & Cinta Bumi selama bulan September dan Oktober. Pada kesempatan ini, Allianz mengadakan webinar dengan tema “Memaksimalkan Media Sosial untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Masa Pandemi”.

Tujuan webinar ini adalah mengajak pelanggan dan masyarakat untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial, sebagai salah satu strategi mengembangkan bisnis di masa pandemi, dimana hampir semua aktivitas dilakukan secara online.

Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini, Allianz Indonesia tidak hanya memberikan apresiasi kepada nasabah dan masyarakat luas, tetapi juga memberikan informasi yang dapat menambah pengetahuan terkait strategi bisnis melalui media sosial.

BACA JUGA :  Tips mendekorasi ulang rumah agar tidak bosan saat PPKM

“Di masa yang penuh tantangan seperti saat ini, Allianz Indonesia ingin berbagi ilmu tentang pemanfaatan media sosial yang bisa menjadi kegiatan produktif. Meski aktivitas fisik atau offline terbatas dilakukan, namun para penggiat bisnis tetap perlu berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai inisiatif, salah satunya melalui media sosial.”

Baca juga:
Tanpa Sadar Kebiasaan Sehari-hari Ini Memperburuk Kecemasan!

Dengan berbagai inisiatif berbasis digital yang gencar dilakukan di masa pandemi, penggunaan media sosial khususnya Instagram sebagai platform untuk mendukung bisnis menjadi pilihan yang paling diminati.

Dalam webinar yang berlangsung beberapa waktu lalu, Allianz Indonesia mengundang salah satu influencer yang aktif membuat konten kreatif di media sosial, yaitu Asoka Remadja.

Ashoka adalah seorang blogger perjalanan dan penggila tanaman. Kali ini, ia akan membagikan berbagai tips sebagai pebisnis di Instagram. Bisa dicontoh sebagai inspirasi.

Loading...

1. Mulailah dengan hobi
Ashoka menceritakan bahwa ia memulai perjalanannya dari sebuah hobi, yaitu ia menemukan peluang dan bagaimana memaksimalkan penggunaan media sosial untuk mengembangkan bisnisnya.

“Jika Anda memulai sesuatu dari hobi atau sesuatu yang Anda sukai, maka kami akan melakukannya dengan semangat dan hati yang senang,” ujarnya.

Jadi, sebelum Anda pergi mencari bisnis apa yang sedang tren atau ingin digeluti, cobalah mulai dari hobi Anda. Baik hobi Anda memasak, menggambar, menulis, atau apa pun, semuanya bisa menjadi peluang untuk menghasilkan pendapatan.

2. Menambah ilmu
Ashoka juga mengatakan, ketika peluang datang, Anda harus memaksimalkan pengetahuan yang Anda miliki.

Contoh mudahnya, jika Anda suka memasak dan ingin menjadikan hobi ini sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan, maka perkaya keterampilan Anda dengan resep makanan kekinian.

Pengetahuan terus berkembang, dan agar tidak kalah dengan kompetitor, tentunya kita harus mengikuti tren yang ada.

BACA JUGA :  LV tolak pengadaan baju dinas DPRD hingga pelantikan Dirjen IKP . yang baru

3. Manfaatkan saluran yang paling sesuai
Ketika Anda telah menemukan apa hobi Anda, dan memutuskan untuk ‘menjualnya’, langkah selanjutnya adalah menemukan saluran media sosial yang paling cocok untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis Anda.

Misalnya bagi yang hobi memasak, Instagram bisa menjadi media sosial yang cocok karena bisa menampilkan foto hasil masakan, serta video tutorial memasak. Pastikan Anda memposting foto dan video terbaik untuk merebut hati pelanggan.

4. Identifikasi target pasar
Media sosial memang mampu menjangkau banyak pengguna di berbagai segmen dan lokasi. Namun, menurut Asoka, penting bagi para penggiat bisnis untuk mengidentifikasi target pasar mereka.

Karena ini terkait dengan bagaimana Anda akan menjalin engagement yang dapat meningkatkan kinerja bisnis. Misalnya, jika Anda menjual kue atau masakan yang dimasak, tentu target pasar Anda umumnya adalah ibu rumah tangga. Nah, pendekatan yang perlu dilakukan pada ibu rumah tangga tentunya akan berbeda dengan pendekatan pada remaja.

Dengan mengetahui target pasar Anda, Anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang strategi yang akan digunakan untuk memaksimalkan bisnis Anda.

Selain tips-tips di atas, masih banyak hal lain yang bisa Anda jelajahi tentang penggunaan media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan ini. Di antaranya, seperti dilansir laman Forbes, adalah menciptakan konten berkualitas yang akan menarik bagi orang-orang yang Anda targetkan secara spesifik. Dan jangan lupa, gunakan hashtag yang relevan sehingga orang dapat dengan mudah menemukan konten Anda. Ayo, mulai sekarang!





Terimakasih sudah membaca artikel 4 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan Melalui Media Sosial

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *