Bukan Payas Agung, Ini Pakaian Adat Puan Maharani

by -1 views
WhatsApp Image 2021 08 17 at 19.38.09 - SatuPos.com



WhatsApp Image 2021 08 17 at 19.38.09 - SatuPos.com

Perancang busana yang dikenakan Puan Maharani pada upacara kenegaraan 16 Agustus 2021 patut diacungi jempol

Jakarta (Satupos) – Pakar mode Bali, Anak Agung Ngurah Anom Mayun K Tenaya mengatakan busana adat Bali yang dikenakan Ketua DPR RI Puan Maharani Maharani dalam rapat paripurna DPR RI pada 16 Agustus 2021 mendatang. bukan Payas Agung.

“Yang dipakai Puan adalah busana intermediet modifikasi. Ini make up Bali modifikasi, bukan baju adat,” kata Mayun yang juga akademisi di Program Studi Tata Busana Institut Seni Indonesia, Denpasar, dalam keterangannya di Senin.

Mayun mengatakan, pakaian adat Payas Agung hanya boleh dikenakan pada saat pelaksanaan Upacara Kemanusiaan Yadnya Utama oleh kelompok tertentu sehingga pakaian yang dikenakan putri Megawati tersebut bukan Payas Agung.

Namun, Mayun memuji pilihan busana Puan di hari penting ini. “Perancang busana yang dikenakan Puan Maharani pada upacara kenegaraan pada 16 Agustus 2021 patut diacungi jempol, berani berimprovisasi, sehingga terlihat elegan bagi pemakainya,” ujarnya.

Baca juga: Puan Pakai Baju Adat Sumatera Barat Saat Upacara Peringatan Kemerdekaan

Puan dianggap juga telah mengangkat budaya bangsa dengan mengenakan pakaian adat.

“Kepunahan kain asli Bali akibat budaya masyarakat sendiri seperti penyederhanaan upacara yang biasanya menggunakan kain sakral akhirnya dihilangkan,” kata Mayun.

Mayun yang saat ini sedang menempuh pendidikan doktoral dan meneliti berbagai jenis kain Bali, mengapresiasi sentuhan budaya Indonesia pada busana yang dikenakan Presiden Joko Widodo, Puan Maharani dan pejabat lainnya di acara-acara kenegaraan.

Senada dengan Mayun, Dosen Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI), Ari Junaedi juga mengapresiasi pilihan para tokoh bangsa untuk mengenakan pakaian adat di acara-acara kenegaraan karena dapat menjadi simbol kerukunan.

BACA JUGA :  10 Pakaian TXT Soobin & OH MY GIRL Arin Yang Paling Cocok Sebagai MC "Music Bank" : Berita K-Pop

Makna busana yang dikenakan Presiden Joko Widodo dan Puan Maharani pada Sidang Tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan saling melengkapi di masa pandemi saat ini.

Baca juga: Ibu Hadiri Konferensi Tahunan mengenakan pakaian adat Bali

Loading...

Ari menilai gaun dengan sentuhan Bali yang elegan juga menjadi simbol optimisme kebangkitan pariwisata, budaya dan ekonomi Pulau Dewata setelah mencapai target vaksinasi.

“Ibu Puan ingin menyampaikan bahwa setelah semua daerah mencapai target vaksinasi dan kekebalan kawanan, kami optimis roda perekonomian yang mensejahterakan rakyat dapat berjalan kembali. Tidak hanya di Bali, tapi di seluruh tanah air,” kata Ari.

“Kami sudah tahu selama ini, Madam perhatian dengan ketersediaan vaksin, pemerataan vaksin, bahkan mendorong vaksin untuk anak di bawah 12 tahun,” kata Ari.

Seperti diberitakan, Puan Maharani mengenakan Payas Agung Bali saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Gabungan DPR dan DPD 2021 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Senin (16/8).

Menurutnya, hal itu sebagai upaya untuk mengingatkan semua pihak untuk bahu-membahu mengangkat pariwisata Bali.

Payas Agung merupakan salah satu dari tiga pakaian adat Bali selain Payas Madya, dan Payas Alit. Setiap jenis memiliki peruntukan yang berbeda saat digunakan. Payas Agung biasanya dipakai pada acara-acara penting dan upacara keagamaan.

Puan mengaku tidak ada desainer khusus yang membantunya memilih busana untuk acara kenegaraan tersebut. Ia hanya menggunakan pakaian dari koleksi pribadinya.

Puan mengatakan, pemilihan busana dalam sebuah acara kenegaraan mengandung filosofi tentang perlunya keseimbangan regulasi dan misi penyelamatan ekonomi.

Baca juga: Alasan Puan Maharani Memilih Baju Adat Bali Saat Sesi Tahunan

Baca juga: Alasan Jokowi Memilih Baju Adat Baduy: Simpel dan Nyaman Dipakai

BACA JUGA :  Produk fashion yang bersimpati dengan konsumen akan dilirik pasar

Wartawan: Ida Nurcahyani
Redaktur : Suryanto
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Bukan Payas Agung, Ini Pakaian Adat Puan Maharani

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *