Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2021 resmi dibuka

by -1 views
IMG 20210923 - SatuPos.com



IMG 20210923 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2021 kembali digelar oleh PT Unilever Indonesia Tbk. melalui merek Pepsodent bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Gigi dan Mulut Indonesia (ARSGMPI).

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Sustainable Living Beauty and Personal Care and Home Care, Yayasan Unilever Indonesia mengatakan, edukasi tentang perawatan gigi sangat penting dilakukan karena masalah gigi dan mulut masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama yang dialami. oleh setengah populasi. dunia dari segala usia.

Di Indonesia, 7 dari 10 orang menderita gigi berlubang, bahkan tantangan masalah gigi dan mulut semakin terasa di masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi

“Pepsodent terus menciptakan tujuanuntuk mendukung pendidikan dan perawatan gigi. Tujuan Hal ini sejalan dengan tema BKGN 2021 yaitu ‘Gigi Kuat, Hidup Sehat untuk #SenyumIndonesia’,” kata dr Mirah saat peluncuran BKGN 2021, Kamis.

Survei global Pepsodent menunjukkan, 30 persen responden di Indonesia mengaku seharian penuh tidak menggosok gigi, umumnya karena kemalasan (46 persen), salah satunya karena berkurangnya interaksi tatap muka.

“Akibatnya, masalah gigi dan mulut semakin meningkat, seperti munculnya gigi berlubang baru pada 25 persen responden Indonesia,” kata drg. Mira.

Masalah gigi dan mulut juga menjadi perhatian Pemerintah. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pandemi COVID-19 berdampak pada penurunan penggunaan layanan kesehatan gigi dan mulut oleh masyarakat. Hal ini tentunya dapat menjadi tantangan dalam mewujudkan Indonesia bebas karies pada tahun 2030.

Baca juga: Akibat Mengunyah Hanya di Satu Sisi Mulut

“Di tengah belum meratanya persebaran SDM kesehatan gigi dan mulut di Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada Unilever Indonesia bersama Ikatan Fakultas Kedokteran Gigi, Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Ikatan Dokter Gigi Indonesia, dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini (BKGN). Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, baik bagi tenaga kesehatan gigi dan mulut maupun masyarakat Indonesia,” ujar Budi.

BACA JUGA :  BlackShark 4S Pro Akan Resmi Diumumkan 13 Oktober mendatang

Perawatan gigi dan mulut juga perlu diperhatikan agar terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius, termasuk kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki gigi berlubang yang parah berisiko terkena penyakit jantung hingga 3 kali lebih tinggi.

Loading...

Melihat fakta di atas, pendidikan yang konsisten masih sangat dibutuhkan. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut berbasis digital menjadi alternatif yang tepat untuk menjangkau masyarakat luas. Untuk itu, BKGN 2021 kembali mengoptimalkan pelayanan teledentistry nasional “Tanya Dokter Gigi oleh Pepsodent” melalui resmi WhatsApp Ask Pepsodent di 0878-8876-8880 selama November – Desember, melibatkan dokter gigi dari 28 Fakultas Kedokteran Gigi dan 50 cabang PDGI.

Baca juga: Waktu yang Tepat Ajari Anak Sikat Gigi

Hingga saat ini, BKGN telah memberikan manfaat kepada lebih dari 500 ribu masyarakat Indonesia, melibatkan 135 Cabang PDGI dan 26 Fakultas Kedokteran Gigi, serta lebih dari 17.000 dokter gigi dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi.

Ketua Umum Pengurus Besar PDGI, Dr. drg. RM Sri Hananto Seno, Sp.BM(K)., MM, mengatakan pelayanan teledentistry di BKGN 2021 kini dilengkapi dengan fitur panggilan video sehingga masyarakat dapat berkonsultasi dengan aman, nyaman dan akurat.

“Jika diperlukan perawatan lebih lanjut, jangan ragu untuk mengunjungi dokter gigi karena Kementerian Kesehatan RI bersama PDGI telah menerapkan pedoman teknis ‘Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru’, ” kata dr. seno.

Percaya gigi yang kuat akan membawa hidup yang lebih sehat, melalui BKGN 2021, Pepsodent juga memulai kampanye “Yuk #SikatGigiNow for #SenyumIndonesia” yang menginspirasi dan mengedukasi masyarakat untuk segera membebaskan diri dari gigi berlubang.

BACA JUGA :  Tips Makeup Flawless Kiara Leswara, Terlihat Flawless Natural

Baca juga: Waspada, Gigi Berlubang Pengaruhi Kesehatan Jantung

Baca juga: Tips Dokter Cegah Sakit Gigi

Reporter: Maria Cicilia
Redaktur : Suryanto
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2021 resmi dibuka

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *