Jangan Peduli, Ini Hal Yang Harus Diketahui Penulis Pemula!

by -9 views
99593 ilustrasi penulis - SatuPos.com



99593 ilustrasi penulis - SatuPos.com

SatuPos.com – Menulis adalah keterampilan yang tidak dimiliki semua orang. Untuk beberapa penulis pemula, proses kreatif lebih bersifat pribadi.

Banyak penulis yang malu dan gagal membagikan karyanya di media sosial. Penyebab umumnya adalah kurangnya minat dan kurangnya apresiasi yang baik dari netizen.

Kata What Is Up Co-Founder, Indonesia? – Abigail Limuria, sebagai penulis pemula, Anda perlu mengidentifikasi terlebih dahulu jenis dan jenis tulisan yang akan diangkat. Selain itu, penting juga untuk mengetahui tujuan menulis.

“Saya suka memikirkan hal-hal yang tidak pernah dipikirkan orang lain. Jadi, share saja, karena saya ingin tahu apakah ada orang yang berpikiran seperti itu. Kalau takut persepsi, kenali dulu tujuannya apa,” ujarnya dalam acara Compound Talks: Writing that Humanizes, Minggu (25/7/2021).

Baca juga:
Pasien Virus Covid-19 Ditendang dan Diseret Pakai Tali, Keluarga Minta Pemerintah Tegas

Penulis buku Lalita juga menekankan pentingnya menulis dari niat. Jika niatnya ingin dipuji, maka Anda perlu membuat tulisan sedemikian rupa sehingga bisa mendapatkan pujian.

Jika niat utamanya hanya untuk berbagi, maka lakukan saja!

“Kalau cuma mau berbagi ya sharing saja. Misalnya kalau kita mau bicara toleransi, semua orang akan setuju. Tapi kalau kita gali lebih dalam, ini justru akan menimbulkan perdebatan sehingga pemikiran masing-masing individu itu unik,” sambungnya. .

Loading...

Selain itu, ia kembali menekankan bahwa tulisan yang dibuat tidak hanya dapat mengubah persepsi semua orang seperti yang kita inginkan.

“Kita tidak bisa mengontrol persepsi semua orang. Tapi kalau mental belum siap, jangan dulu,” ujarnya.

Baca juga:
Begini Penampilan Pria yang Viral Mengibarkan Bendera Putih Untuk Memprotes Pemerintah di Ampel Surabaya

BACA JUGA :  Kopi baik untuk otak kecuali jika Anda melakukan tiga kesalahan ini

Yang terpenting, lanjutnya, yang penting dalam menulis bukanlah implikasinya bagi masyarakat tetapi keakuratan tulisan.

“Misalnya saya mau ambil RUU Cipta Kerja, mungkin ada pro kontra. Ya tidak apa-apa, tapi yang penting akurat atau tidak,” jelasnya.





Terimakasih sudah membaca artikel Jangan Peduli, Ini Hal Yang Harus Diketahui Penulis Pemula!

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *