Lakukan hobi penting untuk mengurangi stres

by -0 views
pexels jeshootscom 442576 - SatuPos.com



pexels jeshootscom 442576 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Memiliki hobi yang sesuai dengan preferensi individu di masa pandemi penting untuk mengurangi stres, kata ahli saraf Dewanta Sembiring dari Universitas Sam Ratulangi, Manado.

“Agar hidup lebih sehat, kita harus menghindari stres, salah satunya dengan menekuni hobi. Waktu untuk diri sendiri (waktu berkualitas untuk diri sendiri) harus ada,” kata Dewanta dalam webinar, Rabu.

Stres merupakan reaksi normal yang dirasakan oleh setiap orang. Menurut Dewanta, gejalanya akan berbeda-beda pada setiap individu. Ada yang merasa jantungnya berdebar kencang saat stres, ada yang merasa pusing bahkan mengalami diare. Apapun gejalanya, stres harus dikendalikan dengan bijak oleh setiap orang.

“Misalnya, kita perlu melihat sesuatu dari sudut yang berbeda, jika perlu mengaku dengan teman atau saudara, penting juga untuk lebih dekat dengan Tuhan,” katanya.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Stres

Stres tidak hanya disebabkan oleh hal-hal buruk atau kejadian yang tidak diinginkan, tekanan ini juga bisa disebabkan oleh peristiwa yang membahagiakan seperti menyambut pernikahan, kelahiran bayi atau kenaikan pangkat di kantor.

“Kita harus melihat stres dari berbagai sudut, jangan dijadikan beban,” ujarnya.

Faktor lain untuk hidup sehat di masa pandemi Satupos lain istirahat yang cukup selama sekitar 6-8 jam per hari dan pemeriksaan rutin ke dokter, serta pengaturan pola makan yang sehat.

Loading...

Ia mengingatkan untuk mengonsumsi garam dan gula yang cukup, jangan berlebihan untuk mengurangi risiko hipertensi. Makanan asin yang adiktif seperti keripik, makanan kaleng, minuman soda juga tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu banyak. Mengkonsumsi terlalu banyak garam membuat potensi hipertensi menjadi tinggi, sedangkan hipertensi merupakan faktor risiko stroke.

BACA JUGA :  Pochettino membuka pintu bagi Messi untuk debut untuk PSG melawan Brest

Selain itu, mengurangi makanan dan minuman manis juga diperlukan untuk mencegah risiko diabetes. Gaya hidup seperti olahraga teratur juga perlu dilakukan.

Baca juga: Sisi Positif Memasak di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menurut Psikolog

Baca juga: Masker vegan untuk menghilangkan stres pada kulit wajah

Baca juga: Bahagia itu Mudah, Begini Caranya

Reporter: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosario Dwi Putri
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Lakukan hobi penting untuk mengurangi stres

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *