Pembalut herbal dengan deodoran tidak dianjurkan

by -1 views
health 6186095 1280 - SatuPos.com



health 6186095 1280 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Pembalut herbal dengan deodoran tidak dianjurkan untuk kesehatan vagina karena dapat mempengaruhi keseimbangan pH pada organ, kata dokter kandungan dr. Cynthia Agnes Susanto dari Universitas Indonesia.

“Kalau ada bau (deodoran) tidak dianjurkan karena bisa membunuh flora di vagina, saya khawatir deodoran di pembalut berbahaya bagi vagina,” kata Cynthia dalam webinar kesehatan, Sabtu.

Tingkat pH normal arena vagina adalah sekitar 3,8 hingga 4,5, termasuk pH asam. Jika bakteri dan jamur alias flora pada bakteri menjadi tidak seimbang, keluhan seperti keputihan yang tidak normal (patologis) bisa terjadi.

Baca juga: Cara Chelsea Islan Mengatasi Bad Mood Saat Menstruasi

Dikutip dari WebMd, kadar pH vagina yang terganggu dapat menyebabkan bakterial vaginosis yang menyebabkan keputihan, bau amis, gatal-gatal hingga sensasi tidak nyaman saat buang air kecil. Ketidakseimbangan pH juga dapat menyebabkan infeksi jamur yang membuat vagina menjadi merah dan gatal.

Pembalut dengan pewangi juga tidak diperlukan karena vagina bisa mengiritasi.

Pembalut sebaiknya diganti setiap 3-4 jam atau saat terasa basah agar tidak mengiritasi organ intim karena area tersebut lembap. Mengganti pembalut secara teratur akan mencegah bakteri tumbuh dan membantu mengendalikan bau.

Loading...

Pilih pembalut yang sesuai dengan jumlah darah menstruasi. Saat darah menstruasi mengalir deras, pilih ukuran yang besar untuk mencegah kebocoran.

Jika ingin membersihkan vagina dengan cairan pembersih, pilihlah pembersih khusus di luar vagina dengan pH 3,5-4,5. Sabun mandi biasa tidak dianjurkan untuk membersihkan vagina karena memiliki pH tinggi sehingga flora di organ intim menjadi tidak seimbang.

Baca juga: Perlukah Mencuci Pembalut Setelah Digunakan dan Setelahnya?

Baca juga: Kata Psikolog Soal Mabuk Rebusan Perban

BACA JUGA :  Mantan Kontestan "I-LAND" Hanbin Membuat Penampilan Publik Pertama Dalam Beberapa Bulan Dengan Grup Baru Yang Berpotensi : Berita K-Pop

Reporter: Nanien Yuniar
Redaktur : Suryanto
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Pembalut herbal dengan deodoran tidak dianjurkan

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *