Pentingnya tubuh yang sehat untuk jiwa yang sehat

by -1 views
IMG 20210909 - SatuPos.com



IMG 20210909 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Slogan “Pikiran yang sehat dalam tubuh yang sehat“Artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, yang masih relevan hingga saat ini,” kata Pj Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Drg. Kartini Rustandi, M.kes.

Baca juga: Siman Maknai Haornas jadi pengingat untuk terus mengharumkan negeri

“Kita mengetahui bahwa kesehatan mempunyai peranan penting dalam menunjang olahraga nasional dan tidak hanya itu, upaya kesehatan olahraga ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani dan merupakan upaya dasar untuk meningkatkan prestasi belajar bagi orang yang bekerja dan berolahraga,” kata Kartini dalam acara tersebut. webinar “Hari Olahraga Nasional.” pada hari Kamis.

Menurutnya, penting memberikan nutrisi terbaik untuk anak sejak usia dini atau 1000 hari lahir jika ingin menghasilkan atlet yang unggul. Dengan tubuh yang kuat dan kesehatan yang optimal, maka akan melahirkan prestasi di bidang olahraga.

“Kalau membentuk atlet itu dimulai dari calon anak, kalau anak tidak sehat tidak mungkin dia bisa,” kata Kartini.

Kartini juga mengatakan bahwa untuk mendapatkan jiwa dan raga yang sehat, tidak bisa hanya berolahraga atau makan makanan bergizi, tetapi ada upaya lain yang harus diperhatikan.

“Aktivitas fisik dan kebugaran jasmani memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi kita tidak bisa sehat hanya dengan makan makanan bergizi dan kita tidak bisa sehat jika tidak melakukan upaya lain, termasuk menjaga pikiran, melepaskan stres adalah sangat penting,” kata Kartini. .

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Umum DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Dr Entos Zainal, SP, MPHP menyampaikan bahwa untuk menghasilkan atlet yang berprestasi, keluarga juga harus mendapat edukasi tentang konsumsi gizi.

BACA JUGA :  Senjata BR-V baru yang bertujuan untuk menjual 40.000 unit pada tahun 2022

“Atlet dan keluarganya sulit dipisahkan, konsumsi gizi atlet sangat dipengaruhi oleh konsumsi gizi keluarga,” ujar dr. Entos.

Loading...

Edukasi tentang konsumsi gizi juga harus dilakukan dengan berbagai upaya dari pemerintah hingga pimpinan cabang olahraga.

Menurut Entos, konsumsi nutrisi atlet harus diperhatikan mulai dari persiapan, pelaksanaan dan pasca pertandingan. Pemenuhan nutrisi ini juga akan mempengaruhi stamina dan psikologi atlet saat bertanding.

“Nutrisi merupakan landasan yang sangat penting. Dari nutrisi membentuk stamina yang kuat, membangun daya tahan tubuh yang kuat dan juga bagaimana ia menyamakan keinginan psikologisnya dengan energi yang harus digunakan,” ujar dr. Entos.

Baca juga: Menyambut Haornas, Inilah Manfaat Pentingnya Berolahraga

Baca juga: Tujuh Acara Rekomendasi Sambut Hari Olahraga Nasional

Baca juga: Anak Harus Olahraga 60 Menit Setiap Hari

Reporter: Maria Cicilia
Redaktur: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Pentingnya tubuh yang sehat untuk jiwa yang sehat

dari SatuPos.com

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *