Penyebab “kehilangan belajar” dan tips untuk menghadapinya

by -5 views
pexels olia danilevich 5088179 - SatuPos.com



pexels olia danilevich 5088179 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Pemerhati dan praktisi pendidikan Indra Charismiadji berbagi beberapa faktor penyebab terjadinya kehilangan belajar Terutama anak-anak yang kini harus belajar dari rumah akibat pandemi COVID-19.

Kehilangan belajar adalah istilah yang mengacu pada hilangnya pengetahuan dan keterampilan, baik secara umum maupun khusus, atau menurunnya proses akademik karena kondisi tertentu, katanya, dikutip dari keterangan pers, Minggu.

Kondisi tersebut Satupos lain masa libur panjang dalam kalender akademik, putus sekolah yang dialami siswa karena kemiskinan, hingga penutupan sekolah tatap muka akibat pandemi yang mengharuskan siswa melakukan pembelajaran jarak jauh.

Indra mengatakan bahwa kondisi kehilangan belajar tidak seluruhnya karena pembelajaran jarak jauh atau karena tidak adanya pembelajaran tatap muka. Kehilangan belajar Bahkan seringkali disebabkan oleh metode pengajaran yang hanya ditransfer dari kelas dan diadopsi sepenuhnya ke dalam pembelajaran on line.

Baca juga: Tips Menjadi Orang Tua Pintar Mendampingi Anak Belajar Online

Baca juga: Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar Online di Rumah

Dalam situasi ini, guru mendistribusikan informasi dan komunikasi hanya satu arah, yang kemudian menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan tidak bersemangat dalam belajar.

Ada juga tips yang Indra bagikan kepada staf pengajar untuk dihindari kehilangan belajar pada siswa.

“Pertama, pendidik harus memiliki pola pikir berkembang yaitu pemikiran yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kesinambungan zaman. Sebagai contoh, pembelajaran online yang dilakukan di masa pandemi ini justru mempercepat pendidik dan siswa dalam menghadapi era digital yang berkembang semakin pesat dari waktu ke waktu,” ujar Indra.

Kedua, pendidik juga perlu memahami Manajemen Pengetahuan Sosial-Teknis di era digital yang terdiri dari Infokultur, Infostruktur dan Infrastruktur.

BACA JUGA :  Prihatin Masalah Kebersihan, Deddy Corbuzier Masuk Bisnis Body Virgin

Infokultur merupakan transfer informasi di era digital yang salah satunya dikenal dengan pembelajaran campuran yaitu perpaduan manusia dan teknologi.

Loading...

Infostruktur tersebut terkait dengan masalah identitas institusi di dunia maya, seperti alamat website, akun civitas terkait dengan nama domain institusi. Lembaga pendidikan harus memiliki domain khusus, seperti sch.id atau ac.id untuk penyediaan email bagi guru dan siswa agar proses transfer informasi tidak tercampur dengan urusan pribadi.

Selain domain, lembaga pendidikan juga perlu menyiapkan aplikasi yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran.

Sedangkan infrastruktur terkait dengan sarana dan prasarana, gadget, listrik hingga internet merupakan aspek terpenting untuk menunjang keberlangsungan pendidikan di era digital.

Akhirnya, para pendidik mulai menerapkan ruang kelas modern (Kelas Terbalik), yang menggabungkan aspek asinkron dan sinkronis secara efektif. Di panggung asinkron siswa mempelajari materi secara individual di luar kelas baik secara online maupun offline.

“Penggunaan aplikasi Learning Management System (LMS) menjadi standar dalam pola ini. Kemudian pada tahap synchronous, pertemuan di kelas baik online maupun offline digunakan untuk kegiatan kolaborasi aktif dari setiap siswa yang mendorong penalaran tingkat tinggi atau HOTS (Higher Order Thinking). Skills) dengan cara pembelajaran berbasis proyek, Satupos lain melalui presentasi, diskusi, studi kasus, atau debat,” kata Indra.

Baca juga: Pengamat: Perlu pemetaan untuk mencegah “kehilangan pembelajaran”

Baca juga: Cara Dian Sastro Ajarkan Bahaya COVID-19 pada Anaknya

Baca juga: Psikolog Ungkap Alasan Pasangan Memilih “Bebas Anak”

Wartawan: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosario Dwi Putri
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Penyebab “kehilangan belajar” dan tips untuk menghadapinya

dari SatuPos.com

BACA JUGA :  Psikolog mengungkapkan risiko penggunaan internet intensitas tinggi

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *