Tebing Breksi di Yogyakarta Diharapkan Jadi Warisan Dunia

by -0 views
51229 tebing breksi - SatuPos.com



51229 tebing breksi - SatuPos.com

SatuPos.com – Tebing Breksi merupakan salah satu destinasi andalan di Desa Wisata Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Destinasi wisata ini pernah dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai sumber perekonomian dengan menambang kawasan batu kapur di kawasan tersebut.

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, ditemukan bahwa batuan yang terdapat di Tebing Breksi merupakan jenis batuan langka sehingga pemerintah setempat melarang kegiatan penambangan.

Selanjutnya kawasan tersebut dijadikan sebagai tujuan wisata dengan memahat sisa-sisa pertambangan dengan berbagai bentuk relief dan pahatan dari cerita wayang.

Baca juga:
Suasana Tebing Breksi Terbaru Yang Baru Dibuka Terbatas

Tebing Breksi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan atraksi lainnya, seperti panggung terbuka yang menjadi lokasi berbagai acara kesenian dan pertunjukan tertentu.

Sebelum pandemi, kunjungan wisatawan ke lokasi itu mencapai 5-10 ribu per hari dengan lebih dari 400 tenaga kerja dari masyarakat sekitar.

Loading...

Dengan itu, destinasi wisata Tebing Breksi dapat menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) hampir Rp. 100 juta per tahun untuk Desa Sambirejo.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke Tebing Breksi menginginkan destinasi wisata yang telah ditetapkan sebagai Geoheritage (Warisan Geologi) oleh pemerintah setempat, juga dikenal sebagai warisan dunia.

Hal ini dapat dilakukan dengan memaksimalkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga dapat memberikan dampak ekonomi yang luas bagi masyarakat.

Baca juga:
Tebing Breksi Mulai Uji Coba Terima Wisatawan, Masih Ada Pengunjung Yang Tidak Memenuhi Persyaratan

“Ini yang harus terus kita lindungi, karena kita ingin tidak hanya menjadi warisan Indonesia tetapi juga diakui sebagai warisan dunia,” kata Sandi dalam keterangan pers, dikutip dari Satupos.

BACA JUGA :  Obesitas meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung





Terimakasih sudah membaca artikel Tebing Breksi di Yogyakarta Diharapkan Jadi Warisan Dunia

dari SatuPos.com

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *